Penggunaan Metode Kuantitatif Dalam Human Reliability

Ditulis oleh : Ravendra Syahinda L (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

dzHuman reliability quantification (HRQ) menjadi salah satu metode yang sangat penting dalam penilaian resiko dan kecelakaan kerja yang biasanya berhubunga terhadap sistem industri yang berteknologi tinggi seperti industri nuklir dan pabrik kimia. Metode ini mulai berkembang setelah beberapa kecelakaan yang disebabkan oleh human error atau aktivitas manusia yang tidak memadai seperti mengontrol dan mengelola proses teknologi yang sangat kompleks.

Tujuan utama dari metode HRQ adalah untuk menilai kemungkinan kecelakaan kerja untuk sistem eksisting maupun sistem yang baru. Penetapan kemungkinan kegiatan preventif, dimana termasuk pengaruh human error terhadap keamanan sistem juga dibutuhkan. Pada kasus Belgrade and railway traffic (Serbia dan Montenegro) teknik HRQ yang digunakan adalah Absolute Probability Judgement (APJ) dan Success Likelihood Index Methods (SLIM) untuk mengelola electropower sistem.

Pendekatan APJ merupakan pendekatan HRQ yang paling mudah. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa seseoran masih mengingat atau lebih baik lagi mampu memperkirakan secara langsung kemungkinan sebuah kejadian, atau dalam kasus ini human error. Berikut ini merupakan langkah-langkah APJ pada gambar 1

a

Metode SLIM juga menggunakan pihak expert akan tetapi kepustusannya berdasarkan pertimbangan mengenai faktor apa yang mempengaruhi performansi dan dari penilaian faktor tersebut dan pengaruh model yang digunakan terhadap performansi, kemudian mereka menentukan Human Error Probability (HEP).

Metode APJ relatif cepat digunakan dan memperbolehkan diskusi detail sebanyak-banyaknya antar expert. Diskusi juga bisa berbalik ke arah bahan pertimbangan bagaimana cara mengurangi error yang terjadi. Dalam beberapa situasi grup bisa menjadi seperti HAZOP (Hazard and Operability Study) dan mengembangkan beberapa saran untuk peningkatan yang lebih baik. Metode APJ cenderung bias sebagaimana problem personal dan konflik yang mana bila tidak diatasi secara efektif bisa merusak validasi teknik secara signifikan.

Refrensi : Grozdanovic, Miroljub.2005.Usage of Human Reliability Quantification Methods.International Journal of Occupational Safety and Ergonomics (JOSE) 

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s