Menggunakan Pelindung Mata saat Bekerja. Pentingkah ?

Ditulis oleh : Auditya Danial J., Mahasiswa Teknik Industri ITS.

apd maheSalah satu cedera yang sering kali terjadi di lingkungan kerja adalah cedera mata. The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), lembaga nasional untuk keselamatan dan kesehatan melaporkan sekitar 2000 pekerja AS mengalami cedera mata yang berhubungan dengan pekerjaan yang memerlukan perawatan medis setiap harinya. Namun, para ahli K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan dokter mata percaya pelindung mata yang tepat bisa mengurangi cedera mata ini hingga 90%. Cukup menggunakan pelindung mata yang tepat pada pekerjaan bisa mencegah ribuan cedera setiap tahun.

Cedera mata umum terjadi di tempat kerja adalah akibat dari bahan kimia atau benda asing di mata ataupun luka atau goresan pada kornea. Penyebab lainnya adalah percikan dengan minyak, luka bakar, ultraviolet atau paparan radiasi inframerah.

Dua alasan terbesar terjadinya cedera mata di lingkungan kerja adalah karena dua hal. Yang pertama adalah tidak menggunakan pelindung mata, dan yang kedua adalah menggunakan pelindung mata yang tidak tepat pada pekerjaannya. Hasil survey Bureau Labor Statistics (BLS) menunjukkan bahwa 3 dari 5 pekerja yang mengalami cedera mata tidak menggunakan pelindung mata.

Jika anda bekerja di daerah yang memiliki partikel, benda terbang ataupun debu, setidaknya minimal pakailah kacamata keselamatan dengan pelindung samping. Jika anda bekerja dengan bahan kimia, gunakanlah kacamata keselamatan dengan kaca yang tebal. Jika anda berada di dekat radiasi, contohnya laser, anda harus menggunakan pelindung wajah yang dirancang untuk tugas itu.

Pelindung mata bekerja sangat baik apabila anda tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. Pilihlah pelindung mata yang sesuai dengan pekerjaan anda, pakailah dengan benar. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Referensi:

Proteusshoptotech.com (2014). Importance of Safety Glasses For Eye Protection in the Workforce. [ONLINE]. Accessed on September 24, 2014

Aoa.org (2014). Protecting Your Eyes atWor. [ONLINE] Accessed on September 24, 2014.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s