Statistik Kecelakaan Kendaraan Bermotor Tahun 2008 – 2012

Ditulis oleh Nadiya Firma Zulvana (2510100010) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Dalam waktu dua tahun terakhir ini, kecelakaan lalu lintas di Indonesia mengalami kenaikan (Dishub, 2012).Rata-rata jumlah kecelakaan lalu lintas jalan terjadi peningkatan 19.11 % yang ditunjukkan oleh Gambar 1.

sdSDA

Kenaikan jumlah kecelakaan dari tahun ke tahun berjalan seiring dengan jumlah moda transportasi yang semakin meningkat. Faktor human error merupakan penyebab tertinggi dari insiden kecelakaan Gambar 2 (Dwiyogo & Prabowo, 2006). Faktor pengemudi yang menyebabkan error berupa lengah, mengantuk, tidak terampil, lelah, mabuk, kecepatan tinggi, tidak menjaga jarak, kesalahan pejalan, gangguan binatang Sejumlah kecelakaan yang menimpa jenis mobil matic. Tingkat kewaspadaan pengguna kendaraan maupun pengguna jalan pada umumnya juga turut mempengaruhi terjadinya kecelakaan di jalan. Adapun faktor lain yang menyebabkan kecelakaan adalah tingkat disiplin dari pengguna jalan juga kurang diperhatikan. Pada tahun 2014, insiden kecelakaan yang terjadi adalah sebuah mobil matic yang menerobos masuk ke Terminal Selatan (T2) Bandara Juanda. Insiden yang mengakibatkan seorang anak berumur 3 tahun meninggal dunia di lokasi kejadian ini disebabkan oleh human error pengendara mobil Alphard (Jawa Pos, 2014). Kebiasaan memakai motor non matic, kemudian memakai motor matic akan menimbulkan masalah. Jenis error lapses atau lupa karena terbiasa memainkan handel gas diawal seperti pada motor non matic. Motor matic ini akan langsung melaju dan terangkat karena di-gas secara cepat dan tiba-tiba. Kesalahan dalam menginjak rem dan gas. Berdasarkan keterangan lebih lanjut, kondisi pengemudi yang menyebabkan error tersebut disebabkan oleh kesehatan. Oleh sebab itu perlu adanya tingkat kedisiplinan dan kesadaran bagi pengguna jalan agar terjadinya human error penyebab kecelakaan dapat berkurang.

Sumber :

Dishub (2012). Statistik Perhubungan 2012.

Detik (2008). Penjualan Mobil Matic Tak Terganggu Kasus Kecelakaan. Diakses pada 14 Mei 2014.http://finance.detik.com/read/2008/02/20/121311/896996/4/penjualan-mobil-matic-tak-terganggu-kasus-kecelakaan

Dwiyogo, P., & Prabowo, R. H. (2006). STUDI IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN (BLACK SPOT dan BLACKSITE) PADA JALAN TOL JAGORAWI Identification Study of Blackspot and Blacksite On Jagorawi Freeway. F. TEKNIK UNDIP.

Jawa Pos (2014). Alphard Nyasar ke Terminal 2 Juanda. 14 Mei 2014

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s