Fenomena Penurunan Jumlah Kejadian Kebakaran di DKI Jakarta

Ditulis oleh M Aulia Nurrahim (2510100033) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Kebakaran merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi pada ibu kota kita DKI Jakarta dan kecelakaan ini hampir tiap tahun terjadi. Banyak penduduk yang menjadi korban akibat terjadinya kecelakaan ini. Kecelakaan kebakaran ini pada umunya terjadi pada wilayah perumahan, kawasan perindustrian, bangunan umum dan pada kendaraaan. Kebakaran ini diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah human error atau kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan manusia. Human Error sendiri dapat tejadi akibat banyak pengaruh. Dalam upaya mengurangi atau mengatasi kecelakaan kebakaran ini pemerintah telah megeluarkan berbagai cara. Berdasarkan grafik tersebut dapat dilihat bahwa terjadi pengurangan yang sangat pesat mengenai kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta. Pada tahun 2004 terjadi 276 kasus kebakaran dan pemerintah setempat berhasil mereduksi angka kecelakaan tersebut hingga pada tahun 2013 hanya terdapat 8 kasus kebakaran.

Capture

Hal ini menandakan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah dalam mereduksi kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta berjalan sangat efektif. Namun yang perlu dilihat disini bukanlah upaya dari pemerintah  dalam mereduksi terjadinya kecelakaan tersebut melainkan kita harus menyelediki sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut. Berdasarkan data statistik penyebab terjadinya kebakaran pada seluruh wilayah DKI Jakarta, dapat dilihat bahwa ada 3 faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran di wilayah DKI Jakarta yaitu faktor listrik, kompor dan rokok. Ketiga faktor tersebut muncul akibat terjadinya human error, mengingat listrik, kompor dan rokok merupakan hal-hal yang digunakan oleh manusia setiap hari. Dari ketiga faktor tersebut, faktor listrik menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran di wilayah DKI Jakarta dengan 232 kali kasus diakibatkan oleh faktor tersebut.Capture1

Memang tidak jarang lagi kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor listrik sering dikaitkan dengan human error. Salah satu human error  yang sering atau umum terjadi pada faktor ini adalah seringnya manusia lupa untuk mematikan alat elektronik mereka ketika tidak digunakan. Memang hal tersebut terlihat sangat sepele, namun akan berakibat sangat fatal ketika terjadi konslet pada aliran listrik yang akan berdampak pada hal yang lebih besar yaitu kebakaran. Hal sepele ini memang telah menjadi kebudayaan di kebanyakan penduduk di Indonesia bahkan dunia. Oleh sebab itu perlu adanya perubahan kebudayaan sehingga dapat mengubah pola pikir manusia yang banyak menganggap enteng hal sepele tersebut demi mencegah terjadinya kecelakaan tersebut. Faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran adalah kompor. Sama halnya dengan faktor listrik, yang menjadi pemicu dari terjadinya kebakaran akibat faktor kompor adalah manusia. Human error sangat berperan terjadinya kebakaran akbiat kompor, salah satunya adalah kecerobohan yang dilakukan oleh manusia. Kecerobohan yang dilakukan manusia dalam hal ini adalah mereka lupa atau tidak ingat ketiika mereka telah menghidupkan kompor dan pada akhirnya akan berakibat kebakaran.

Disini dapat disimpulkan bahwa permasalahan utama adalah terletak pada pola pikir dari manusia, banyak penduduk di DKI Jakarta ataupun di wilayah lain sering menganggap enteng hal yang sangat sepele seperti mematikan listrik dan mematikan kompor dan mereka tidak tahu akan dampak yang dapat ditimbulkan, maka dari itu mereka perlu merubah pola pikir tersebut dan membiasakan diri untuk disiplin dalam melakukan semua kegiatan yang dilakukan sehingga dapat mencegah terjadinya human error.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s