Embossing Braille Printer: Printer Braille Portable bagi Penyandang Tuna Netra

Ditulis oleh Mochamad Rifqi Alian (2509100131)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Aplikasi ErgonomiErgonomi tidak bisa lepas dari dua hal yakni engineering (rekayasa) dan kesehatan. Dalam sejarah perkembangan ergonomi juga diwarnai oleh tokoh-tokoh baik di bidang engineering seperti Taylor dan Gilberth (industrial engineering) dan tokoh kesehatan Wojciech Jastrzebowski (ahli biologi). Pemanfaatan aplikasi ergonomi industri terjadi pada berbagai bidang salah satunya untuk membantu orang yang berkebutuhan khusus (handicapped people). Menurut peundang-undangan pengelompokkan handicapped people terbagi menjadi beberapa kategori seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tuna grahita, tuna laras, dan tuna ganda. Untuk postingan akan dibahas aplikasi ergonomi dalam pembuatan produk yang membantu tuna netra untuk lebih mudah beraktivitas.

Untuk mengenali sesuatu, para tuna netra mengandalkan indra pencium, perasa, dan juga peraba. Permasalahan yang muncul ketika terdapat berbagai benda dengan desain bentuk yang identik. Misalnya beberapa tabung penyimpanan obat. Oleh sebab itu, tuna netra seringkali mencium benda yang mereka identifikasi tersebut. Namun, tidak semua benda atau zat aman dan baik jika harus dicium atau dirasakan terlebih dahulu. Contohnya bumbu dapur berbentuk bentuk yang menyebabkan bersin atau alergi, ataupun obat-obatan yang memiliki efek yang berbeda-beda. Maka, dibuatlah suatu alat bantu yang memudahkan tuna netra untuk mengidentifikasi jenis benda.

Aplikasi ErgonomiEmbossing Braille Printer, merupakan printer yang mampu mencetak stiker brailler untuk ditempelkan pada benda tertentu. Dengan input suara, maka alat ini akan langsung melakukan proses dan membuat stiker dengan tulisan braille. Stiker ini selanjutnya hanya tinggal ditempelkan pada benda seperti botol obat. Alat ini customize dari sisi ergonomi sebab kertas stiker mudah diganti dan dipasang kembali. Secara interface juga membantu tuna netra karena tombol yang digunakan pun menggunakan huruf braille. Alat ini pun aman digunakan karena menggunakan baterai yang tidak beresiko terjadi kontak listrik seperti menggunakan port listrik secara langsung. Untuk mengganti baterai pun mudah dilakukan.

Hal ini membuat pengguna tidak perlu usaha ekstra. Untuk membuka telah terdapat tombol sekali tekan yang berfungsi sebagai tuas. Fungsi ini jarang ditemui pada alat-alat lain seperti senter dan mikrofon yang menyulitkan ketika harus dibuka. Prinsip-prinsip ergonomi telah menjadikan alat ini menjadi rekan setia bagi tuna netra untuk lebih mandiri dalam melakukan aktivitas mereka.

Referensi:

  1. Author. 2012. Embossing Braille Printer Recognizes Things for The Visually Impaired, <URL: http://www.designbuzz.com/embossing-braille-printer-recognizes-things-for-the-visually-impaired/> diakses pada 21 Oktober 2012
  2. Ergonomi Fit. 2011. Bagaimana Ergonomi Diterapkan, <URL: http://ergonomi-fit.blogspot.com/2011/05/bagaimana-ergonomi-diterapkan.html>

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s