Fasilitas Kereta Api yang Belum Memenuhi Aspek Ergonomi

Ditulis oleh Nyka Fahma Utami (2509100106)_Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Aplikasi ErgonomiKereta Api merupakan transportasi darat yang menjadi pilihan sebagian besar warga Indonesia untuk berpergian, baik itu jarak dekat maupun jarak jauh. Untuk kereta api jarak dekat dapat menggunakan kereta api listrik (KRL) maupun komuter, dan untuk jarak jauh bisa menggunakan kereta api kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Dari segi harga, kereta ekonomi memang yang paling murah, hal ini sebanding dengan minimnya fasilitas kereta api yang diberikan. Bila kita berkaca pada perkereta-apian di negara-negara maju seperti negara jepang dan Korea, memang terlihat sangat jelas perbedaannya, hal ini dikarenakan kondisi perekonomian Indonesia yang kurang mendukung dalam memfasilitasi kereta api.

Perbedaan yang sangat jelas dapat dilihat adalah fasilitas tempat duduk. Pada kereta api ekonomi, bisnis maupun eksekutif memiliki desain kursi yang sangat berbeda, untuk kursi di kereta ekonomi dan bisnis masih jauh dari segi ergonomis, sedangkan kereta eksekutif sudah menerapkan desain ergonomis pada kursinya seperti reclining & revolving seat, sandaran kaki dan dilengkapi meja statis, perbedaan  inilah yang menyebabkan harga yang cukup berbeda jauh. Sebenarnya fungsi utama dari tempat duduk sendiri adalah untuk menyangga beban tubuh penumpang, maka seharusnya tempat duduk harus memiliki ukuran yang benar dan sesuai dengan antropometri manusia, hal ini bertujuan untuk membuat para penumpang yang berpergian jauh merasa nyaman.

Selain desain kursi yang tidak ergonomis pada kereta api ekonomi dan bisnis, juga fasilitas toilet yang kurang memadai. Kebanyakan kereta api ekonomi dan kereta api bisnis di Indonesia memiliki toilet yang kurang layak dan tidak ergonomis. Tidak hanya toilet pada kelas ekonomi dan bisnis saja yang perlu diperhatikan, namun pada kereta eksekutif ketersediaan fasilitas toillet yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan para penumpang selama perjalanan masih belum mencerminkan sebagai kereta berkelas eksekutif. Setiap gerbong hanya difasilitasi dengan satu lokasi toilet dan satu ruang selebar toilet untuk tempat barang (bagasi).  Bisa dibayangkan, satu toilet untuk menyediakan kebutuhan buang hajat bagi sekitar 50 penumpang (belum termasuk awak kereta makan). Dengan merombak  dua atau  tiga ruang bagasi dari enam rangkaian kereta tersebut menjadi toilet, mungkin akan bisa menjadi solusi dan sedikit mengurangi antrian yang sering terjadi di depan pintu toilet.

Melihat kondisi kereta api ekonomi sudah sangat memprihatinkan. Banyak fasilitas yang rusak dan membuat para penumpang merasa tidak nyaman. Sebagai contoh adalah fasilitas di dalam kereta ekonomi yang jauh dari kata layak, mulai dari lampu yang mati, lubang pada lantai kereta, toilet yang kotor, hingga rusaknya tempat duduk kereta.  Adapun kriteria desain kursi yang ergonomis antara lain tinggi kursi dirancang sesuai dengan ketinggian alas duduk penumpang, sebaiknya kursi dirancang kuat dan serasi dengan menekankan kekuatan pada bagian yang mudah retak dan sebaiknya dilengkapi dengan  sistem mur baut, dalam pendesainan sandaran punggung diharapkan sandaran punggung mendekati kontur tulang belakang dimana sandaran punggung ini didasarkan pada ukuran lebar punggung dengan faktor kelonggaran tertentu, serta ketinggian sandaran punggung disesuaikan dengan ukuran tinggi siku duduk dengan persentile 95 %.  Melihat beberapa  faktor di atas, sehingga diharapkan PT Kereta Api Indonesia segera memperbaiki fasilitas ini agar penumpang kereta api bisa merasa lebih nyaman saat dalam perjalanan.

Referensi :

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s