Virtual Reality

Virtual reality seringkali disebut juga dengan virtual environment. Apakah itu virtual reality??

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita melihat atau bahkan terlibat secara langsung dala duni virtual baik melalui bermain game, menonton bioskop, dan lain sebagainya. Sesuatu yang membuat kita mengalami atau merasakan hal itu secara nyata sehingga menimbulkan sensasi itulah yang dinamakan virtual reality. Secara harfiah arti dari virtual reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality. Kata virtual berarti memberikan pengalaman namun tidak secara nyata. Sedangkan kata reality artinya adalah keadaan yang seolah-olah sesuai dengan kenyataan, fakta, dan realita kehidupan. Jika kata-kata tersebut digabungkan, definisi virtual reality adalah keadaan yang sebenarnya tidak nyata tetapi dibuat seperti nyata agar kita merasakan pengalaman atau sensasi dari keadaan tersebut dimana menjadi maksud atau tujuan yang dibuat oleh si penciptanya. Berikut ini definisi virtual reality menurut pendapat beberapa ahli (yang menurut gw lebih bener dan terpercaya, hehee), sebagai berikut :

  1. Virtual Environment (reality)merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), dimana suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
  2. Sebuah simulasi komputer realitas, menggunakan grafis 3D dan efek suara, dengan antarmuka pengguna seperti kacamata khusus dan sarung tangan, untuk menciptakan lingkungan manusia hidup untuk hiburan, eksperimentasi, dan pelatihan.
  3. Teknologi ini memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.

Ada hal yang menarik lagi dari virtual reality ini yaitu kapan virtual reality ditemukan dan bagaimana sih perkembangan dari jaman ke jaman hingga VR menjadi lebih canggih seperti sekarang ini??

Virtual reality dulunya belum punya nama yang pasti. Namun seseorang sudah dapat membuat hal yang mirip seperti virtual reality pertama kali pada tahun 1950. Nama orang tersebut adalah Morton Heiligh. Ia membuat “Teater Pengalaman”  (semacam film layar tancap, hehee). Kenapa  bisa dikategorikan virtual reality? Karena Teater Pengalaman ini dapat melibatkan beberapa indera dengan suatu cara yang efektif, sehingga menarik orang yang menonton ke dalam kegiatan di layar (sensasi). Selanjutnya pada tahun 1962, ia mengembangkan alat tersebut dengan cara membuat sebuah prototype yang diberi nama Sensorama. Cara kerjanya yaitu dengan menampilkan 5 film pendek untuk dipertunjukkan ke penonton dimana melibatkan berbagai indera si penonton (penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan). Hebat ya tuh orang, masa’ jaman dulu bisa nonton film pake ada baunya segala, bisa disentuh juga. Gak bisa ngebayangin deh, kalah seru tuh filmnya si Avatar movie. Dari beberapa sejarah ditemukannya virtual reality, gw lebih percaya kalo buatan Ivan Shuterland termasuk virtual reality yang pertama. Mengapa?? Karena dari segi peralatannya udah pake headset atau kacamata teropong, namun masih primitive alias berat gan. Singkat ceritanya begini, pada tahun 1968 Ivan Shuterland dibantu siswanya Bob Sproull membuat sebuah alat yang secara umum dianggap sebagai pendahulu virtual reality. Alat tersebut masih primitif baik dalam kaitannya sebagai alat penghubung pemakai dan realism (kacamata teropong maksudnya) dan HMD untuk dikenakan pengguna sangat berat sehingga harus digantungkan ke atap (kalo jatuh, kasihan usernya, hehee).

Gambar 1. Pertama kali virtual reality ditemukan

Lingkungan virtual reality pada saat ini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampilan stereokopik. Namun beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalu speaker atau headphone.

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan sebelumnya, pengalaman yang dihasilkan oleh virtual reality umumnya harus memenuhi kriteria yaitu berpikir dari sudut pandang  pengguna dimana  objek yang digunakan dalam lingkungan virtual reality harus hidup seperti ukuran dan menghasilkan tampilan dan nuansa/rasa dari objek-objek dunia nyata. Kriteria selanjutnya yaitu alat yang digunakan harus melacak aktivitas pengguna secara  sangat efektif dan efisien. Pergerakan tangan, mata dan leher pemakai, tindakan, dan semua gerakan harus terlacak oleh aplikasi/alat secara hati-hati. Hasil atau akhir dari pelacakan gerakan tersebut adalah untuk mencocokkan dengan tindakan pengguna dalam dunia maya dimana perubahan pergerakan tersebut harus muncul kembali di layar. Sehingga elemen dari VR yaitu :

  1. Virtual Word (Dunia virtual), yaitu content dari sebuah medium yang diberikan, dapat berupa screenplay/script
  2. Immersion (Sensasi ada di dalam sebuah lingkungan), yang dibagi menjadi 3 macam yaitu:
    1. Mental immersion suspension of disbelief
    2. Physical immersion : secara badan/fisik memasuki media
    3. c.    Mentally immersed : sensasi user berada di dalam Virtual Reality
  3. Sensory Feddbackyaitu informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user. Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.
  4. InteractivityYaitu  virtual world merespon aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real time.

Hal yang menarik selanjutnya yaitu peralatan apa aja sih yang sebenarnya digunakan untuk membuat virtual reality??

Adapun cara kerja virtual reality secara umum yaitu pengguna (user) melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove (peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality), headset (peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala, selain itu peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata),dan walker (peralatan yang digunakan untuk memantau gerakan kaki dan mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata). Selain kegunaan tersebut, ada kegunaan lain dari peranti input virtual reality yaitu melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis. Beberapa pembuatan virtual reality menggunakan perangkat input yang paling umum adalah joysticks (untuk main game, ex: Playstation), force balls/tracking balls, controller wands, data gloves, voice recognition, motion trackers/bodysuits, dan treadmills.

 

Gambar 2. Beberapa contoh peralatan input VR

(Gloves, Headset, motion trackers/bodysuits,  force balls/tracking balls)

Nah itu tadi penjelasan sedikit mengenai definisi, sejarah, elemen, cara kerja, dan peralatan yang digunakan dalam virtual reality. Bagaimana aplikasinya dalam bidang-bidang yang ada dalam kehidupan sehari-hari??

Contoh aplikasi di bidang yang pertama yaitu manufaktur : Pengujian Rancangan, Prototipe Semu (autocad, 3dmax), Analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, produksi dan pemeliharaan. Bidang kedua yaitu arsitektur : Perancangan gedung. Bidang ketiga yaitu militer : pelatihan (Pilot, Astronot, Pengemudi), Simulasi Peperangan( Cry Engine 3). Bidang ketiga yaitu kedokteran : pelatihan pembedahan, terapi fisik. Bidang keempat yaitu penelitian / pendidikan : studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks. Bidang kelima yaitu dalam hiburan : Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski, dan lain sebagainya.

Gambar 3. Beberapa aplikasi virtual reality

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi virtual reality dalam berbagai bidang utamanya di beberapa negara yang sudah modern seperti Jepang dan Amerika.

Itu tadi manfaat atau dampak positif dari berbagai aplikasi virtual reality dalam bidang-bidang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Eits tunggu dulu, belum gw sebutin nih dampak negatifnya. Orang yang terlibat dalam penggunaan sistem virtual reality ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal 294). Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semua yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun telah kembali ke dunia nyata. Makanya kalo main game, jangan keterusan sob. Inget kewajiban loe seperti waktu belajar dan kerja yaa.

Sekian penjelasan singkat saya tentang virtual reality. Semoga bermanfaat dan bila ada salah kata mohon dimaklumi ya. Sampai jumpa dan terimakasih telah membaca artikel saya di blog ini.

Referensi :

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

2. http://www.stmik-budidarma.ac.id/mesran/Modul/Pengantar%20Teknologi%20Informasi/S1%20-%20PTI%20Pert%208%20Multimedia%20dan%20Virtual%20Reality.pdf

3. http://www.hasanalatas.com/?p=218

4. http://wiryawan.it-kosongsatu.com/?p=4

Written by : 2508.100.009

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

1 Response to Virtual Reality

  1. Pingback: Virtual Reality dan Augmanted Reality | Dan

Leave a comment