Human Reliability Dalam Sistem Kereta Api

Ditulis Oleh : Muhammad Arief Hendarwan (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

bejoKereta merupakan salah satu alat transportasi yang sering digunakan, baik dalam memindahkan orang atau barang. Salah satu alasan penggunaan kereta sebagai alat transportasi adalah kereta memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan bepergian menggunakan mobil sendiri untuk jarak/waktu tempuh yang cukup panjang. Namun walaupun kereta merupakan salah satu alat transportasi yang gemar digunakan, bukan berarti kereta luput dari kelemahan.

Kereta membutuhkan kontribusi manusia (operator) dalam menjalankan fungsinya dengan baik, seperti perawatan, pengendalian sistem kereta api,maupun hal teknis lainnya. Hal tersebut menimbulkan ketergantungan kereta dengan manusia. Disisi lain manusia memiliki keandalan yang amat sangat sulit untuk dijaga konsistensinya karena berbagai faktor yang tidak dapat dikendalikan dengan baik. Karena itu dibutuhkan suatu inovasi/peningkatan teknologi dalam sistem kereta api sehingga manusia dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk kereta.

Otomasi dalam sistem kereta api sudah diterapkan dalam penerapan sehari-hari. Namun walaupun otomasi sudah mulai dijalankan, tetap membutuhkan manusia sebagai operator, pengamat, analis, dll. Sekali lagi peran manusia tidak dapat dikesampingkan dalam sistem kereta api, apabila dikesampingkan maka dampaknya akan fatal terhadap hidup/mati manusia lainnya, dan rusak/tidaknya barang yang terdapat di kereta. Maka dari itu, peran manusia lebih mencolok dari sistemnya sendiri/fungsi kereta.

Terdapat banyak pendekatan dalam menilai keandalan manusia. Namun pada sumber yang didapat, terdapat dua pendekatan penilaian, yaitu “apakah operator sudah dapat melakukan tugasnya dengan baik? Apakah operator mengetahui kemungkinan situasi yang akan dihadapiny?”. Pendekatan tersebut dapat digunakan dalam meningkatkan keandalan manusia pada sistem kereta api sehingga tidak banyak terjadi human error dalam sistem kereta api. Pendekatan situasi terkait dapat menggambarkan seluruh situasi secara sistematis dan dapat memprediksi kemungkinan situasi yang akan dihadapi oleh operator dikemudian waktu. Terdapat beberapa pengembangan metode keandalan manusia seperti Atheana, Cahr, Cesa, Cream, Mermos, dll.

Setelah diadakan penellitian bertahap, dan kecocokan penggunaan metode, didapat beberapa pendekatan yang dapat memperlihatkan poin-poin dalam meingkatkan keandalan manusia. Pada gambar 1 dapat memperlihatkan poin-poin dalam meningkatkan keandalan manusia.

bejo2

Terdapat empat bagian yang telah dibagi sesuai dengan meningkatkan keandalan manusia. Memang terlihat sangat umum namun jika disepelekan begitu saja dapat menimbulkan kematian/kerugian yang tidak dinilai.

Pada bagian 1 lebih mengacu kepada bagaimana mendesain sistem, dengan memperhatikan desain ergonomis, kegunaan, dan feedback. Pada bagian kedua lebih mengacu kepada task resign dengan memperhatikan desain proses, tugas yang monoton, serta waktu krisis dalam menjalankan tugas. Bagian ketiga lebih memperhatikan kepada lingkungan kereta, maksudnya adalah memperhatikan situasi seperti keadaan kabin, gedung sekitar trek dari kereta serta beban kerja operator lainnya. Pada bagian terakhir baru memperhatikan kepada aspek faktor individu dari operator dengan penjabaran seperti yang tertera pada gambar.

Pendekatan tersebut dibuat dengan harapan dapat meningkatkan kontribusi manusia dalam menjalankan fungsi kereta. Sehingga dapat meminimalisir human error yang dapat menyebabkan kecelakaan, meninggalnya manusia, hilang/rusaknya barang yang terdapat di kereta, serta meningkatkan layanan kereta dalam memindahkan manusia/barang.

Referensi

Schwencke, D. et al., 2003. A New Method for Human Reliability Assessment in Railway Transport.

  

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s