Saat Proses Evakuasi, Justru Ada yang “Selfie”

Ditulis Oleh : Fiqi Anwar Hidayat (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

Berdasarkan sebuah riset tentang evakuasi yang telah dilakukan baru-baru ini disebutkan bahwa fokus saat ini lebih menekankan pada faktor manusia dan psikologis manusia. Pada penelitian-penelitian tentang evakuasi yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa meskipun rute evakuasi dan aspek fisik sudah baik tetapi proses evakuasi belum tentu berjalan dengan lancar. Sebelumnya, saat penelitian dilakukan, manusia hanya dianggap sebagai model yang homogen, tanpa memperdulikan emosi setiap individu, motivasi,dan kebutuhan fisik setiap individu. Sehingga manusia saat itu hanya dianggap sebagai karakter fisik dan hanya ukuran fisiknya yang diperhatikan. Untuk itu, penelitian ini dilalakukan untuk mengubah persepsi manusia sebagai karakter fisik menjadi sebuah objek yang memiliki emosi, aspek kognitif, motivasi dan variabel-variabel sosial lainnya.

fiqi

Sebuah kejadian unik terjadi pada kejadian kereta anjlok di Moscow tahun 2014. Disaat sebagian penumpang menganggap bahwa kejadian itu akan merenggut nyawanya dan mencoba mengamankan diri dari lokasi kejadian, sebagian justru sibuk memfoto kejadian tersebut. Hasilnya, evakuasi berjalan lambat dan pertolongan sulit diberikan pada sebagian korban.

Kejadian tersebut sontak mengagetkan regu penyelamat karena saat mereka berkonsentrasi melakukan penyelamatkan korban, sang korban seperti tidak membutuhkan bantuan tersebut. Nada kecaman justru terlontar dari korban lain karena mengabaikan kondisi orang-orang disekitarnya dan sibuk dengan hal yang tidak sepantasnya.

Faktor manusia memang sangat mempengaruhi proses evakuasi, namun data dan percobaan acap kali urung diadakan karena dirasa sulit didapatkan variabel apa saja yang berpengaruh dan cenderung subjektif. Beberapa kali dilakukan percobaan dengan metode simulasi, namun dirasa tidak akurat karena model simulasi sudah tahu bahwa itu hanya simulasi sehingga aspek “human behavior” seperti terkejut maupun berpikir sejenak tidak didapat.

Saat dilakukan evakuasi semua hal harus diperhatikan, beberapa faktor manusia yang disinyalir menghambat evakuasi adalah sebagai berikut:

  1. Evakuasi yang terlambat

Manusia cenderung berfikir banyak hal sebelum bereaksi terhadap alarm bahaya. Beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mengenali bunyi alarm (bunyi apa ini? Apa ini bunyi alarm?)
  • Mengenali adanya bahaya ( tidak mungkin ada kebakaran, kan jarang kebakaran)
  • Butuh informasi lebih lanjut sebelum bertindak
  • Lebih berkomitmen terhadap pekerjaannya

Pre-movement time adalah salah satu faktor penyebab lambatnya proses evakuasi. Untuk itu, lebih lanjut mengenai faktor ini akan dilakukan pengumpulan data mengenai kebiasaan-kebiasaan seseorang apabila terjadi peringatan adanya bahaya. Tiga kebiasaan yang terjadi adalah sebagai berikut:

  • wait and see”, adalah kecenderungan seseorang akan menunggu instruksi lebih lanjut atau menunggu orang lain bertindak terlebih dahulu.
  • information seeking”, merupakan kecenderungan seseorang akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai hal-hal teknis lainnya. Contoh: rute evakuasi, pintu darurat dll.
  • get out of here”, merupakan kecenderungan seseorang akan menyelamatkan diri langsung setelah adanya peringatan bahaya.
  1. Berjalan melewati asap

Orang orang akan cenderung menerobos rute walaupun terdapat gumpalan asap pada rute tersebut. Menurut NFSA hal ini merupakan tindak yang tidak sesuai dengan exit plan. Hal ini dikarenakan asap akan masuk ke tubuh dan membuat tubuh lemas hingga membuat manusia hilang kesadaran maupun kehilangan nyawa. Seharusnya korban mencari rute lain yang bebas dari bahaya asap.

  1. Tidak menggunakan rute tersingkat

Seseorang cenderung akan menggunakan rute yang biasa dilewati dibanding rute tersingkat. Pengetahuan dan pengalaman akan cara evakuasi yang benar akan membuat resiko hal ini terjadi semakin kecil.

Waktu evakuasi merupakan hal yang krusial saat terjadi sebuah bencana. Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mempercepat waktu evakuasi:

  1. Karakteristik Fisik

Pada faktor ini lebih mengedepankan tentang kebutuhan dan karakteristik manusia namun lebih bersifat fisik bukan psikis. Sebagai contoh adalah berapa orang didalam bangunan, kecepatan ketika berjalan, berapa orang tuna rungu ataupun buta (disabilitas) faktor ini akan digunakan sebagai dasar perancangan rute evakuasi.

  1. Proses Informasi

Faktor ini merupakan kecepatan pengolahan informasi oleh manusia. Setelah alarm berbunyi, manusia cenderung berfikir sejenak tentang tanda tersebut. Pengetahuan dan pelatihan akan membuat evakuasi berjalan lebih cepat. Selain hal tersebut, informasi secara lisan akan lebih cepat diterima manusia.

  1. Kebutuhan kognitif

Kecenderungan untuk selalu ingin tahu dan terkadang perilaku tak logis juga berpengaruh terhadap proses evakuasi. Contoh kegiatan memfoto tempat kecelakaan atau berbahaya merupakan hal yang tidak perlu dan patut dihindari untuk hal-hal semacam ini. Kepatuhan terhadap aturan harus lebih diutamakan.

Contoh kejadian selfie diatas merupakan kejadian yang sangat tidak perlu serta mengganggu proses evakuasi. Meskipun rasa ingin tahu memang tinggi, kesadaran akan kondisi serta keadaan seharusnya dapat mengurungkan niat tindakan tersebut.

  1. Kebiasaan-kebiasaan komunitas

Pada faktor ini akan lebih berpengaruh terhadap perilaku spontan sebuah komunitas. Adanya kepemimpinan seseorang dalam komunitas tersebut akan mempengaruhi cepat-lambatnya komunitas tersebut bergegas menyelamatkan diri.

Sumber : Hofinger Gesine. 2014. Human factors in evacuation simulation, planning, and guidance

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s