Perbaikan Posisi Lampu Sepeda Motor untuk Mengurangi Potensi Kecelakaan di Malam Hari

Ditulis Oleh : Pamungkas Dwi Admaja (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

imungJumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi terus meningkat seiring berjalannya waktu. Berdasarkan data yang didapat dari Departmen for Transport UK, 2010, diketahui bahwa jumlah kecelakaan meningkat sebesar 44% di tahun 2008. Pada penelitian yang dilakukan M. Gould et al, dijelaskan bahwa terdapat usulan baru untuk menata posisi dari lampu sepeda motor guna mengurangi potensi kecelakaan di malam hari. Adapun penyebab mengapa objek yang digunakan adalah sepeda motor adalah karena tingkat error terbesar dari pengendara lain terhadap lampu  kendaraan adalah sepeda motor yang dibandingkan dengan posisi lampu mobil dan tri-highlight.

Konsep posisi lampu tri-hightligt dirasa tepat digunakan untuk mengganti posisi lampu pada kondisi existing. Selain karena nilai error nya yang lebih kecil, juga karena total luasan yang diperlukan selaras dengan luasan posisi lampu di sepeda motor secara umum. Selanjutnya dilakukan uji coba lanjutan untuk mengetahui tipe tri-highlight yang paling optimal dalam meminimasi error. Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan bahwa tipe tri-highlight dengan dua lampu kecil di bawah dan satu lampu utama di tengah atas adalah tipe dengan kemunculan error yang tekecil. Sehingga perlu dilakukan inovasi dalam pemasangan posisi lampu sepeda motor untuk meminimasi error dari pengendara lain yang muncul.

 Refrensi : Gould, M, Poulter D.R, Helman S, Wann J.P. 2012. Errors in Judging The Approach Rate of Motorcycles in Nighttime Conditions and The Effect of an Improved Lighting Configuration. United Kingdom : University of London

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s