Model Bayesian Network pada Human Reliability Analysis

Ditulis Oleh : Ahmad Nur Arif (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

9Bayesian Network merupakan sebuah tool yang ampuh untuk menganalisis keandalan manusia. Bayesian Network dapat mencirikan ketergantungan antara masing-masing PFS dan tindakan yang terkait. Selain itu, Bayesian Network juga dapat mengukur skala kepentingan masing-masing PSF yang dapat menyebabkan human error. Namun, dalam praktiknya terdapat permasalahan bahwa data yang diperlukan untuk mengukur Bayesian Network untuk keperluan HRA tidak selalu tersedia. Hal ini menjadi tantangan besar untuk dapat menetapkan prior probabilities dan condisional probabilities yang dibutuhkan oleh pendekatan Bayesian Network dalam analisa human reliability.

Sebagai solusi untuk menangani permasalahan kelangkaan data dalam analisa keandalan manusia yang dilakukan menggunakan Bayesian Network dapat dilakukan pengumpulan data menggunakan lingkungan virtual. Salah satu contoh penggunaannya telah diujicobakan pada analisa keandalan manusia menggunakan sebuah model Bayesian Network pada proses evakuasi darurat lepas pantai. Model Bayesian Network yang digunakan merupakan model yang telah disederhanakan dari kondisi sebenarnya. Kemudian sebuah percobaan digunakan untuk mengumpulkan data human performance. Pengumpulan data dilakukan dalam beberapa kondisi pengambilan yang berbeda. Data yang dikumpulkan terintegrasi dalam model Bayesian Network dan hasilnya dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Dari situ didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa model Bayesian Network dapat menilai kemungkinan kegagalan manusia (human failure) secara efektif. Selain itu, model Bayesian Network yang dibangun dengan lingkungan virtual ini juga memungkinkan untuk memasukkan bukti baru dan menangani interaksi yang kompleks antara masing-masing PSF dan tindakan yang terkait.

Mengacu kepada penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli terkait analisa keandalan manusia yang dilakukan menggunakan Bayesian Network, saat ini telah ditemukan bahwa terdapat cara untuk mengatasi masalah kelangkaan data untuk HRA, yaitu dengan menggunakan teknik virtual experimental (VE). Data yang dikumpulkan terintegrasi dalam model Bayesian Network. Menggunakan model Bayesian Network tersebut, kemungkinan kegagalan manusia dalam evakuasi darurat lepas pantai dapat dihitung. Selain itu, juga dapat dihitung efek masing-masing PSF pada kegagalan yang terjadi dan nilai kepentingan dari setiap PSF dapat dihitung dengan menggunakan model Bayesian Network tersebut. Selain itu, VE juga dapat memberikan tingkat ketepatan tertentu terkait realisme dan human performance.

Referensi : Musharraf, Mashrura et al. A Virtual Experimental Technique for Data Collection for A Bayesian Network Approach to Human Reliability Analysis. In: Reliability Engineering and System Safety. 2014, vol 132, p. 1-8

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s