Human Reliability Assesment During Offshore Emergency Conditions

Ditulis Oleh : Maulida Kurniawati (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

brainmachineKesehatan dan keselamatan merupakan bagian yang penti bagi sebuah industri, begitu juga pada industri lepas pantai (offshore) yang tergolong ke dalam major hazard industry. Mengurangi angka kejadian berbahaya, cedera, dan bahaya gas hidrokarbon menjadi prioritas utama bagi offshore industry agar dapat meningkatkan standar kelesamatan kerja. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja adalah human error yang diakibatkan oleh keandalan dan performansi manusia dalam melakukan kerja, Oleh karena itu, diperlukan upaya perusahaan untuk mendesain sistem manajemen emergency yang tepat. Salah satunya dengan melakukan penilaian terhada keandalan manusia / human reliability dalam hal ini adalah pekerja. Penilaian human reliability diharapkan dapat membantu perusahaan mendesain sistem manajemen emergency yang tepat agar dapat mereduksi angka kecelakaan kerja.

                Human Reliability didefinisikan sebagai kemungkinan manusia melakukan hal yang benar dalam aktivitas sistem dalam waktu yang telah ditentukan (Gutmann, 1983). Berbagai metode telah dikembangkan untuk melakukan penilaian terhadap keandalan manusia. Metode THERP (Technique for Human Error Rate Prediction) adalah salah satu metode yang digunakan untuk melakukan penilaian keandalan manusia secara kualitatif dan kuantitatif. Selain itu dikembangkan pula metode SLIM (Success Likelihood Index Methodology), ATHEANA (A Technique for Human Error Analysis), CREAM (Cognitive Reliability and Error Analysis) dan masih banyak lagi.

Berbagai metode yang telah dikembangkan untuk menganalisa keandalan manusia memiliki dua kelemahan yang mendasar. Kelemahan yang pertama yakni metode-metode tersebut tidak dapat mengakomodir ketidakpastian dan tidak konsistennya expert judgments yang digunakan dalam penilaian. Kelamahan yang kedua yakni metode-metode tersebut mengasumsikan indepedensi antar human factor. Oleh karenanya, diperlukan estimasi yang lebih baik dalam penilaian keandalan manusia untuk dapat menciptakan sistem keamanan dan sistem manajemen emergency yang efektif.

Kurangnya data mengenai kondisi emergency menjadikan sebagian besar metodologi penilaian keandalan manusia menggunakan teknik expert judgment, termasuk di dalamnya penilaian keandalan pada kondisi emergency di offshore industry. Pada jurnal yang berjudul “Human Reliability Assesment During Offshore Emergency Conditions” direkomendasikan metodologi penilaian keandalan manusia yang lebih presisi. Metodologi ini mampu mengatasi dua kelemahan dasar dari metode HRA lainnya yang telah dijelaskan sebelumnya. Metode baru yang dikembangkan yakni dengan menggabungkan Bayesian Network (BN) dengan evidence theory. Bayesian Network digunakan untuk menyajikan saling ketergantungan human factor secara terstruktur dan menghitung kemungkinan human error. Sedangkan evidence theory digunakan untuk mengatasi permasalah ketidakpastian dalam expert judgment. Aplikasi metodologi yang diusulkan dalam jurnal tersebut diilustrasikan dengan skenario dari evakuasi pada offshore emergency.

Kelebihan dari penggunaan metodologi BN dan evidence theory ini antara lain fleksibilitas dari pembaharuan yang dinamis pada emerging evidence, kepresisian dalam penghitungan human error probability dan membantu desain sistem manajemen emergency yang lebih efektif.

Sumber: 
Musharraf,M, et.all,. Human Reliability Assesment During Offshore Emergency Conditions

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s