Framework Untuk Mengurangi Human Error Pada Proses Evakuasi Pekerja Tambang

Ditulis Oleh : Dedy Utama (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

dedyPertambangan batu bara adalah salah satu industri yang memiliki resiko tinggi. Faktor alam seperti bencana dapat terjadi pada daerah pertambangan batu bara. Saat terjadi bencana di tambang, proses evakuasi menjadi krusial untuk para pekerja di pertambangan batu bara. Jika proses evakuasi tidak sesuai prosedur, nyawa jadi taruhannya. Sebuah framework resiko human error untuk kasus evakuasi emergency tambang batu bara dipelajari dalam sebuah studi di China. Framework ini mempelajari bagaimana menganalisa dan mengurangi resiko human error saat terjadinya proses evakuasi. Frameworknya sendiri terdiri atas tiga bagian. Yang pertama adalah scenario and task analysis. Yaitu menganalisa skenario kecelakaan yang terjadi, misal gas meledak dan menganalisa pekerjaan atau langkah-langkah saat evakuasi. Yang kedua adalah risk assessment. Risk assessment yang digunakan pada framework ini adalah metode SLIM ( Success Likelihood Index Methodology ). Dengan menggunakan metode SLIM, dihitung probability of failure yang berdasarkan Shape performance factor sesuai dengan scenario yang ada. Yang ketiga adalah risk reduction. Berdasarkan hasil perhitungan, dilakukan analisa task mana yang perlu dievaluasi lebih lanjut untuk mengurangi human error saat terjadinya proses evakuasi.

Proses framework ini dimulai dengan penentuan prosedur evakuasi dan skenario atau keadaan yang terjadi. Prosedur evakuasi terdiri dari 17 pekerjaan berdasarkan enam system utama dalam evakuasi emergency pertambangan batu bara di China menggunakan Hierarchycal Task Analysis (HTA). Prosedur evakuasi ini sendiri dibagi menjadi 3 fase yaitu detection, escape dan temporary refuge. Skenario pada contoh kasus ini adalah meledaknya gas. Skenario ini penting, karena tiap skenario mempengaruhi weight dan rating untuk PSF (Performance Shaping factor). Setelah itu dilakukan risk assessment dengan metode SLIM untuk mendapatkan HEP (Human Error Probability). Pada metode SLIM, dilakukan penentuan dan pembobotan untuk SPF yang hasilnya berupa SLI (Success Likelihood Index) yang akan dikonversi menjadi POS (Probability of Success) lalu HEP. Setelah itu, dilakukan consequence severity analysis yaitu menganalisa seberapat parah konsekuensi dari setiap prosedur. Terdapat 4 tingkat keparahan yaitu low(1), Medium(2), High(3), dan Critical (4). Setelah itu, dibuat risk matrix berdasarkan nilai HEP dan consequence severity. Dari risk matrix akan dianalisa pekerjaan mana yang masuk dalam tingkatan resiko aman, yang perlu pengukuran pengurangan resiko lebih lanjut dan yang tidak dapat diterima resikonya. Setelah itu dilakukan risk reduction. Dilakukan penentuan dan pengukuran safety barriers, lalu menentukan level of confidence yang dibutuhkan untuk mencapai fungsi safety dari safety barriers yang dipilih. Lalu menentukan efektivitas dari safety barriers.

Framework ini dapat dikembangkan, misal untuk kasus lain, metode untuk mendapatkan HEP bisa digunakan metode lain misalkan bayessian network. Lalu, perlu adanya riset tentang efek factor manajemen terhadap active safety barrier dan riset tentang human safety barriers untuk memastikan kelengkapan langkah-langkah keamanan terhadap tindakan manusia.

Referensi : Cao Qiyan,  Wang,Lijing, Wang,Yanlong ,  Li, Xiaodong , Li,Jinquan , Wu,,Xinwen. A Framework for Human Error Risk Analysis of Coal Mine Emergency Evacuation in China. Elsevier. Journal of Loss Prevention in the Process Industries 30 (2014) 113-123

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s