A Soft Control Model for Human Reliability Analysis in Advanced Control Rooms

Ditulis Oleh : M Zuhdi Sumarna (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

5.1Analisis keandalan manusia mempunyai peran yang sangat penting dalam analisa keselamatan dalam proses kerja di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Dalam jurnal ini, kegiatan soft control dianalisa dan dimodelkan untuk dilakukan pengembangan terhadap data keandalan dasar manusia dan kuantifikasi kemungkinan terjadinya human error selama berlangsungnya kegiatan soft control.

            Dalam PLTN yang canggih salah satu teknologi yang diguakan adalah soft control dimana proses dibantu oleh perangkat lunak (software), seperti contoh layar sentuh, keyboard, mouse, pulpen laser, dan lain-lain. Dalam kegiatan soft control error yang paling sering terjadi adalah slip. Error digolongkan sebagai error of ommision dimana error yang terjadi akibat adanya kegiatan atau sub-kegiatan yang terlupa.

Dalam jurnal ini human error yang terjadi selama kegiatan soft control dibagi menjadi enam tipe:

  • kelalaian operasi (E1)
  • objek yang salah (E2)
  • kesalahan operasional (E3)
  • kebingungan (E4)
  • operasional yang tidak memadai (E5)
  • operasional yang terlambat (E6).

            Setelah dilakukan analisa dan permodelan, model soft control dikembangkan agar dapat digunakan untuk pengukuran keandalan manusia. Karena seperti telah diketahui bahwa data kemungkinan terjadinya human error menjadi penghambat untuk pengukuran keandalan manusia di PLTN. Pada jurnal ini kegiatan soft control pada PLTN sudah dimodelkan sebagai pertimbangan pengukuran keandalan manusia pada ACRs. Model meliputi safety-grade soft control (SSC) dengan empat tahapan proses dan non-safety-grade soft control (NSC) dengan tiga tahapan proses. Tahapan dibuat agar dapat diamati dan dibedakan sehingga data kemungkinan terjadinya human error dan diamati dan dihitung.

            Hasil dari studi ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan model keandalan manusia pada kegiatan soft control dan data kemungkinan human error yang berkaitan dan kuantifikasi kemungkinan human error akhir dengan evaluasi di beberapa sistem proses kontrol berskala besar seperti PLTN, pabrik pengolahan kima dan pabrik pengolahan minyak.

Referensi : Ha, Jun Sun, 2014, A Soft Control Model for Human Reliability Analysis in APR-1400 Advanced Control Rooms (ACRs), 25th DAAAM International Symposium on Intelligent Manufacturing and Automation, Khalifa Univ. Of Science, Technology and Research, Abu Dhabi, UAE.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s