Human Machine Interface

Ditulis oleh Aldi Margadita (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

aldiHuman Machine Interface (HMI) adalah sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. HMI dapat berupa pengendali dan visualisasi status baik dengan manual maupun melalui visualisasi komputer yang bersifat real time. Sistem HMI biasanya bekerja secara online dan real time dengan membaca data yang dikirimkan melalui I/O port yang digunakan oleh sistem controller-nya. Port yang biasanya digunakan untuk controller dan akan dibaca oleh HMI antara lain adalah port com, port USB, port RS232 dan ada pula yang menggunakan port serial.

Secara umum HMI memiliki beberapa fungsi diantaranya memberikan informasi yang up to date kepada operator, menerjemahkan instruksi operator ke mesin, memonitor keadaan, mengambil tindakan yang sesuai dgn keadaan yg terjadi, memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi sesuatu yang tidak normal, menampilkan pola data kejadian yang ada pada mesin baik secara real maupun secara historical, dsb.

Terdapat banyak contoh dalam penerapan HMI, salah satunya ialah HMI pada cockpit sebuah pesawat terbang. Di dalam cockpit sebuah pesawat terdapat banyak sekali alat-alat (tools) atau indikator yang digunakan sebagai HMI. Jika dilihat dari struktur atau design dari cockpit secara umum sudah baik, hal itu dapat dilihat dari fungsi-fungsi yang ditata atau dikelompokan dengan baik sehingga memudahkan pilot dalam mengoperasikan pesawat.

Secara umum tombol-tombol yang terdapat di cockpit memiliki banyak fungsi, tetapi alat pengendali utama yang paling penting adalah tuas pada cockpit. Hal itu dikarenakan seluruh fungsi untuk menaikan ketinggian pesawat, menurunkan ketinggian pesawat maupun berbelok arah terdapat pada tuas tersebut. Namun bagi orang awam, sangatlahsulit untuk memahami fungsi-fungsi atau perangkat yang terdapat di cockpit. Oleh karena itu, cockpit memang dirancang hanya untuk pilot. Diperlukan pelatihan-pelatihan dan sertifikasi bagi calon penerbang untuk menguasai/memahami seluruh fungsi/perangkat yang terdapat pada cockpit. Sertifikasi tersebut dikenal dengan nama instrument rating.

Jadi, secara umum struktur dan design pada cockpit sudah cukup baik. Ditinjau dari aspek ergonomipun, mulai dari kursi untuk pilot dan co-pilot sudah adjustable. Menurut saya, nilai Human Machine Interface yang terdapat pada cockpit pesawat sudah cukup baik.

 

Referensi

National Aeronatics And Space Administration, 2014. Dynamics of Flight. <http://www.grc.nasa.gov/WWW/k-12/UEET/StudentSite/dynamicsofflight.html&gt;. Accessed on 24 November 2014.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s