HMI pada Driving Simulator

Ditulis oleh :Tyasiliah Septiana (Mahasiswa Teknik Industri – ITS)

tyasHuman Machine Interaction merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem mesin/komputer dalam interaksinya dengan manusia. Pendek kata, sistem ini mempelajari hubungan antara manusia dan computer. Dalam interaksinya dengan mesin, manusia akan berhadapan dengan perangkat keras komputer, dimana keduanya saling memberikan umpan balik untuk suatu hasil yang diharapkan. Fungsi ditentukannya cara interaksi manusia dan mesin komputer ini adalah untuk memudahkan manusia itu sendiri dalam mengoperasikan komputer dan berbagai umpan balik yang diperlukan selama bekerja dalam sistem tersebut.

Salah satu penerapan human machine interaction adalah aplikasi driving simulator pada pengembangan human machine interface pada kendaraan. Aplikasi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kegagalan pengoperasian simulator. Perbaikan selanjutnya yang dilakukan adalah perbaikan pada sistem proteksi, perbaikan sistem arsitektur sistem, dan harmonisasi elemen fungsional.

Secara umum, tujuan dari driving simulator adalah untuk mempelajari perilaku driver. Termasuk didalamnya interaksi driver dengan kendaraan simulasi atau interaksi antara driver dengan jalan dan traffic.

Aspek ergonomi yang diterapkan dalam driving simulator tersebut adalah interface dari sistem tersebut dibuat sedemikian rupa, sehingga driver dapat merasakan keadaan atau kondisi dalam berkendara yang sebenarnya. Dengan demikian, perilaku driver ketika berkendara dapat ditangkap dengan baik. Adapun analisis dari perilaku driver tersebut menjadi acuan dalam perbaikan rancangan interface untuk kendaraan.

Sedangkan dalam hal ini, belum ditangkap mengenai desain kendaraan yang sesuai bagi pengguna tertentu. Dalam penggunaan simulasinya, kendaraan yang dijadikan simulasi tidak disesuaikan dengan postur tubuh penggunanya.

Referensi

Weir, David H. (2010), Application of a driving simulator to the development of in-vehicle human–machine-interfaces. Dynamic Research, Inc., Torrance, CA, USA

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s