PREMIUM HUMAN MACHINE INTERFACE ON MONDEO DESIGN

Ditulis oleh M. Harun Fahad (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

fahadDewasa ini, perkembangan teknologi berkembang secara pesat, salah satunya adalah pengembangan Human Machine Interface (HMI) yang berfungsi untuk memudahkan penggunaan atau mengoperasikan sebuah mesin tertentu. Perbedaan antara HMI dengan perangkat pengoperasi mesin lainnya adalah dimana pada HMI memungkinkan pengguna tidak perlu mengingat banyak panel-panel yang digunakan untuk mengoperasikan suatu alat. Salah satu contoh HMI adalah Premium HMI yang merupakan fasilitas dari mobil Mondeo yang diproduksi oleh Ford. Premium HMI ini bisa dikatakan remote atau alat pengendali utama dari mobil Mondeo, walaupun tidak semua pengoperasian mobil Mondeo harus menggunakan Premium HMI, seperti steering, mengatur kursi, dan kegiatan-kegiatan mekanik lainnya.

Dari sisi ergonomi, Premium HMI bisa dikatakan User Friendly, karena kemudahaan dalam penggunaan dan kemudahan dalam memahami informasi yang disajikan oleh Premium HMI. Dari sisi kemudahan penggunaan dapat dilihat dari tombol yang digunakan untuk mengatur HMI terdapat pada steer mobil Mondeo. Selain itu tombol yang digunakan untuk mengopersikan Premium HMI pun relatif sedikit, sehingga pengemudi tidak perlu banyak mengingat fungsi dari setiap tombol. Dari informasi yang sisi mudah dipahami dapat dilihat dari informasi yang disajikan oleh Premium HMI sebagian besar berupa icon yang sesuai dengan informasi yang disajikan. Sebagai contoh, Premium HMI memiliki fasilitas pendeteksi tingkat konsentrasi pengemudi, sehingga Premium HMI dapat mendeteksi apabila pengemudi kelelahan atau konsentrasi mengemudinya menurun dan dapat mengingatkannya.

car control

 

Walaupun secara keseluruhan kehadiran Premium HMI dapat membantu pengemudi. Namun, terdapat ketidak ergonomisan dari Premium HMI ini, yaitu letak dari Premium HMI yang terlalu kebawah. Sehingga, agak mempersulit pengemudi untuk melihat dan mengoperasikan Premium HMI, apalagi apabila kondisi jalan sedang padat dan dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengemudi. Karena, dengan melihat Premium HMI, sebagian konsentrasi pengemudi tersita untuk mengoperasikan Premium HMI.

Perbaikan yang diusulkan adalah peletakan Premium HMI yang diletakkan agak keatas, sehingga pengemudi tidak terlalu menghabiskan banyak waktu untuk eye travel dan konsentrasi untuk mengoperasikan Premium HMI.

 

Referensi :

Ford, 2010, INTRODUCING THE MONDEO, tersedia di www.avoncityford.co.nz/media/39951/mondeo.pdf

Ford, 2010, ORD MONDEO Owner’s Manual Tersedia di http://www.ford.agroservise.ru/manual/haynes_ford_eng_.pdf

 

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s