Human Machine Interface pada Control Room

Ditulis oleh Mandra Ayi Restika Maulidya (Mahasiswa Teknik Industri ITS)

ayiHuman machine interface adalah sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. HMI merupakan pengendali dan visualisasi status baik dengan manual maupun komputer yang bersifat real time. Sistem HMI bekerja dengan mengirimkan sinyal pada port port tertentu yang berada pada mesin yang akan dikendalikan. Port digunakan sebagai controller. Fungsi HMI adalah untuk memberikan informasi plant secara up to date sesuai dengan real condition, menerjemahkan instruksi operator ke mesin, memonitor keadaan di plant, serta mengatur nilai pada parameter yang ada di plant.

Pada gambar HMI diatas menunjukkan beberapa mesin yang dapat dikontrol yaitu pump, clarifier, river flow, wet wells, dan pressure. Terdapat angka yang menunjukkan prosentase input yang ada pada mesin, serta terdapat prosentase output dari mesin tersebut. Pada kotak blowdown diatas, terdapat dua pilihan automatic atau manual untuk mengatur mesin tersebut. Jika automatic, maka mesin akan dikontrol secara otomatis oleh komputer, dan sebaliknya, jika manual maka mesin akan dikontrol manual oleh opertaor yang bekerja. Aliran di dalam river flow dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Satuan GPM menunjukkan kecepatan aliran tersebut

Dari segi ergonomis, gambar HMI diatas cukup jelas gambar dan informasi yang disampaikan. Operator dapat mudah membaca informasi yang ada. Mesin mudah dipahami karena desain yang cukup menarik sehingga tidak terjadi salah persepsi dalam membaca informasi. Namun masih terdapat sisi non ergonomi pada gambar diatas yaitu warna yang kurang menarik untuk membedakan antara mesin satu dengan yang lainnya, serta font yang digunakan ukurannya terlalu kecil, sehingga opertaor yang melihat sekilas tidak akan dapat membaca tulisan tersebut. Terlebih operator yang menjalankan orang yang sudah lanjut usia.

Referensi: www.simagetechnologies.com

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s