Video On Demand System on Web

Dwi Setiyoko (2510100065) Mahasiswa S1 Teknik Industri

tyoSecara umum interface merupakan mekanisme komunikasi yang terjalin antara pengguna (user) dengan sistem. Pada salah satu contoh gambar interface diatas merupakan gambaran dari sistem Video on Demand (VOD), dimana VOD merupakan sistem televisi interaktif yang memberikan fasilitas pada penggunanya untuk dapat memilih program serta jenis video yang ingin dilihat melalui akses jaringan internet ataupun intranet. Perancangan VOD server terdiri dari pembuatan portal VOD yang berfungsi sebagai interface dengan penggunanya. Kemudian dibangun web based menggunakan bahasa pemograman PHP. Setelah itu baru video dapat diupload atau perancangan video streaming sehingga video dapat diakses oleh pengguna.

Dengan adanya VOD maka sangat memudahkan pengguna dalam mengakses video yang diinginkan. Pengguna dapat secara bebas memilih video –video yang akan dibuka maupun di download. Akan tetapi salah satu persyaratan yang harus ada adalah jaringan internet dengan kecepatan tertentu sehingga dapat mengakses video dengan cepat dan baik. Fungsi lainnya dari VOD adalah sebagai media sharing, dimana pengguna dapat saling menukar informasi berupa video sehingga akan sama-sama saling menguntungkan antar penggunanya.

Secara umum keberadaan VOD tersebut sangat menunjang aspek ergonomi, dimana dengan adanya VOD tentu sangat membatu penggunanya sehingaa pengguna dapat merasa lebih ergonomis dalam mencari informasi. Selain itu video mengenai ergonomi juga akan mudah diakses pengguna sehingga secara tidak langsung akan menambah knowledge pengguna tersebut mengenai ergonomic.

Akan tetapi keberadaan VOD juga memiliki dampak buruk bagi penggunanya, dimana pengguna harus melakukan interaksi secara langsung dengan komputer untuk dapat mengakses video yang diinginkan. Bahkan tak jarang pengguna menghabiskan waktu yang cukup lama di meja komputer untuk mengakses video. Hal tersebut dirasa kurang ergonomis dan sangat berpotensi mengganggu kesehatan pengguna bila dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Untuk dapat menekan resiko kesehatan pengguna serta meningkatkan faktor ergonomis, maka VOD sebaiknya dirancang seringan mungkin sehingga mudah diakses pengguna dalam waktu yang singkat. Format video yang diupload disetting seringan mungkin sehingga ketika pengguna membukanya tidak perlu buffering. Pada web VOD setiap 60 menit sekali ditampilkan poster bahaya duduk di depan komputer dalam kurun waktu yang lama dengan gambar yang menarik, sehingga pengguna menyadari akan resiko yang mungkin menimpanya.

Daftar pustaka

  1. Anggara, Y. (2004, April 4). Dipetik November 24, 2014, dari http://2009026-yuda.blogspot.com/2012/02/movie-video-on-demand-system-on-web.html

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s