Tingkat Utilitas Jembatan Penyebrangan bagi Pejalan Kaki

Ditulis oleh Dwi Setyoko (2510100065) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Jembatan merupakan salah satu sarana infrastruktur yang utilitasnya sangat dipertanyakan di Indonesia. Baik jembatan yang berfungsi sebagai media penyebrangan alat transportasi yang melalui sungai, laut dan sebagainya serta jembatan yang berfungsi sebagai alat bantu pejalan kaki untuk menyebrang di jalan raya. Khusus pada jembatan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki, kualitas serta pemilihan lokasi jembatan sangat berpengaruh terhadap utilitas dari jembatan tersebut.

Akan tetapi tak jarang meskipun jembatan penyebrangan sudah berdiri kokoh dan berada di lokasi keramaian yang strategis, fakta dilapangan terlihat masih sangat banyak pejalan kaki yang memilih menyebrang tidak melalui jembatan. Hal tersebut sesungguhnya sudah dapat dikatakan sebagai human error yang dilakukan oleh pejalan kaki dan sangat beresiko bagi dirinya sendiri dan orang lain pengguna jalan. Berikut merupakan salah satu contoh foto beberapa pejalan kaki yang lebih memilih menyebrang tidak menggunakan jembatan yang terjadi di kota Jakarta.

adsadas

Sumber : http://images.detik.com/content/2011/11/04/157/JPO-cov.jpg

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa masih sangat banyak pejalan kaki yang tidak memanfaatkan fasilitas jembatan penyebrangan. Secara umum terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya permasalahan tersebut, mulai dari sifat malas, lalai, hingga terburu-buru. Akan tetapi apapun alasan para pejalan kaki tersebut, sangat tidak dibenarkan untuk menyebrang jalan sembarangan apalagi pada daerah sekitar terdapat fasilitas jembatan penyebrangan yang telah berdiri kokoh. Dengan demikian maka dapat dikatakan tingkat utilitas jembatan penyebrangan masih cukup rendah dan masyarakat masih belum sepenuhnya menyadari akan pentingnya keselamatan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Sehingga dirasa perlu adanya suatu trobosan yang dilakukan oleh pihak terkait guna mendorong penyebrang jalan tersebut mau menggunakan fasilitas jembatan penyebrangan yang telah dibuat.

 Daftar Pustaka

  1. Foto contoh jembatan penyebrangan yang tidak digunakan, 2011 http//images.detik.com/content/2011/11/04/157/JPO-cov.jpg, diakses 30 Mei 2014.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Tingkat Utilitas Jembatan Penyebrangan bagi Pejalan Kaki

  1. afratsin mahesa rahman says:

    jembatan penyebrangan orang (JPO) bertujuan untuk mengurangi kemacetan jalan raya. mungkin masyarakat enggan menggunakan fasilitas ini karena merasa tidak nyaman. dapat ditemui berbgai kerusakan pada fasilitas ini seperti lantai yang berkarat dan bolong-bolong, beberapa atap yang terbuka, dan lampu mati saat malam hari. seharusnya jembatan penyebrangan ini dibuat nyaman agar masyarakat pengguna fasilitas ini tidak merasa resah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s