Tingginya Resiko dan Beratnya Pekerjaan Penyapu Jalan

Ditulis oleh Astrid Pratiwi (2510100015) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Capture

Penyapu jalan merupakan suatu profesi yang umum di Indonesia. Walaupun di luar negri sudah menggunakan suatu mesin untuk menyapu jalan, di Indonesia menyapu jalan masih dikerjakan secara manual. Pekerjaan ini dimulai dari pagi-pagi sekali hingga siang hari. Pada saat pagi-pagi sekitar pukul 4 pagi atau lebih pagi dari itu para penyapu jalan mulai melakukan pekerjaan. Pada pagi hari tersebut kurangnya cahaya atau gelap menjadi kesulitan bagi para penyapu jalan. Selain itu terkadang di pagi-pagi tersebut banyak mobil yang ngebut dikarenakan kondisi jalan yang sepi. Hal ini tentu saja membuat parah penyapu jalan takut. 

Berikut ini adalah daftar resiko yang bisa menimpa penyapu jalan.

Tabel Bahaya, Resiko & Konsekuensi Penyapu Jalan

sda

Saya berharap pemaparan risiko tersebut membuat pemerintah kota lebih memperatikan penyapu jalan. Seperti meningkatkan fasilitas alat perlindungan diri bagi mereka dan meningkatkan pencahayaan saat di pagi hari.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tingginya Resiko dan Beratnya Pekerjaan Penyapu Jalan

  1. Terimakasih atas tulisan artikelnya mbak Astrid, setelah saya membaca saya baru sadar akan bahaya bagi penyapu jalan, saya setuju dengan resiko-resiko penyapu jalan ditambah sepengetahuan saya di daerah saya para pekerja penyapu jalan ini di dominasi oleh kaum wanita dengan usia diatas 35 tahun, bahkan ada yang sudah berusia senja. Jadi sangat rawan untuk terjadi resiko diatas, menurut saya diperlukan turun tangan dari pemerintah seperti diberikannya jaminan asuransi bagi para penyapu jalan ini, selain itu merujuk dari tulisan artikel diatas bahwa negara lain sudah menggunakan mesin untuk menyapu jalan, dari negara kita perlu adanya studi banding tentang mesin tersebut apakah layak untuk diterapkan di Indonesia. Namun kita perlu appresiasi buat pekerja penyapu jalan, karena pekerjaan mereka tidak terlihat namun dampaknya sangat baik buat EHS dari lingkungan sekitarnya.

    • maya says:

      setelah mercermati tulisan mba Astrid, apresiasi perlu disampaikan buat mba astrid krn memperhatikan rakyat kecil. mungkin perlu tambahan risiko paparan kimia mba astrid : misal debu yang dihirup, asap kendaraan, kotoran sampah yang banyak mengandung bibit penyakit dll. kalo sudah begitu bertambahlah empati kita terhadap petugas penyapu jalan. semoga apa yg dikerjakan petugas penyapu jalan menjadikan kita lebih sadar diri utk tidak menambah kotornya jalan raya.

      tks – maya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s