KECELAKAAN KERJA AKIBAT HUMAN ERROR PADA PENYAPU KOTA SURABAYA

Ditulis oleh Fathia Maulidina (2510100004) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Salah satu elemen yang mendukung terwujudnya kebersihan kota Surabaya adalah petugas kebersihan kota/penyapu yang dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (DKP). Jumlah penyapu di Kota Surabaya menurut data dari DKP tahun 2014 adalah 746 orang. Pekerjaan penyapuan terutama yang dilakukan pada jalan protokol memiliki resiko kecelakaan kerja yang cukup besar. Lalu lintas kendaraan pada jalan protokol padat dan cepat dan cukup membahayakan keselamatan nyawa para penyapu. Berdasarkan data pengadaan asuransi oleh DKP pada periode januari-april 2014 terdapat 4 kasus kecelakaan berat yang dialami penyapu, dan berdasarkan hasil wawancara dengan pihak DKP diketahui bahwa pada tahun sebelumnya terjadi kasus kecelakaan berat < 5 kali. Berikut pengolahan data hasil kuesioner resiko kecelakaan pada penyapu pada 84 sampel lokasi penyapuan dan pengamatan selama 4 hari pada 1 obyek jalan protokol penyapuan :

asddsa Capture

Berdasarkan hasil kuesioner dan pengamatan dapat disimpulkan bahwa resiko kecelakaan kerja pada penyapu selama 3 tahun terakhir hanya 8% dan 93% penyapu berpendapat bahwa kecelakaan terjadi karena kelalaian pengendara bermotor karena penyapu sudah cukup memahami kondisi jalan penyapuan yang menjadi tanggung jawabnya, bertindak hati-hati dan mengikuti prosedur kerja. Jumlah kecelakaan kerja penyapu tidak terlalu besar karena pengendara kendaraan bermotor juga cukup berhati-hati dan mengetahui keberadaan penyapu sehingga kecelakaan dapat terhindar. Namun untuk lebih mengurangi dan menghindari resiko kecelakaan pada penyapu pihak DKP diharapkan lebih memperhatikan keselamatan kerja para penyapu dengan menyediakan alat pelindung diri/safety pada peyapu

asdsa sfd

Referensi :

Data hasil pengamatan resiko kecelakaan kerja penyapu

Data jalan penyapuan DKP tahun 2014

Data asuransi penyapu DKP tahun 2014

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to KECELAKAAN KERJA AKIBAT HUMAN ERROR PADA PENYAPU KOTA SURABAYA

  1. Pamungkas Dwi Admaja says:

    Perkenalkan saya Pamungkas Dwi A.,
    mungkin saya kurang setuju terkait solusi yang diberikan, yaitu pemberian alat pelindung diri pada penyapu jalan supaya mengurangi cidera jika terjadi kecelakaan kerja sebagai solusi utama. Padahal sesuai tabel penyebab kecelakaan kerja, prosentase penyebab kecelakaan kerja terbesar adalah kecerobohan dari kendaraan bermotor. Sehingga menurut saya solusi utama yang seharusnya ditawarkan adalah pemberian sosialisasi atau sanksi yang lebih tegas dan mengikat kepada pengendara motor supaya lebih berhati-hati dalam berkendara. Sehingga potensi kecelakaan kerja pada penyapu jalan bisa diminimalisir. Pemberian APD kepada penyapu jalan mungkin juga bisa menjadi solusi dari permasalahan ini, namun bukan menjadi solusi utama.

    Terima kasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s