JPO yang Membahayakan Para Penggunanya

Ditulis oleh Syahrul Anang (2510100136) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Jembatan Penyeberangan Orang atau disingkat JPO adalah suatu sarana umum yang disediakan pemerintah bagi pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan. Sangat banyak JPO yang telah disediakan pemerintah untuk masyarakat pejalan kaki. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pejalan kaki untuk menyeberang. Selain itu juga dimaksudkan agar para pejalan kaki bias aman dari bahaya kecelakaan.

Tujuan pembangunan JPO adalah menghindarkan para penyeberang jalan dari bahaya yang dapat mencelakainya, baik hanya luka ringan hingga yang menyebabkan meninggal dunia. Jadi, JPO yang baik adalah JPO yang membuat aman para pengunanya. Namun, jika terdapat JPO ynag masih belum bisa membuat aman para penggunanya, JPO tersebut dinilai kurang layak digunakan. Contohnya adalah JPO yang berada di depan Mall Delta. JPO tersebut dinilai kurang layak untuk digunakan karena ada beberapa hal yang masih belum bisa membuat aman para pendakinya. Contoh salah satunya adalah pegangan JPO yang jaraknya sangat dekat dengan kabel listrik. Untuk memperjelasnya, bisa melihat gambar di bawah ini :

dSSDAs

Gambar di atas menunjukkan bahwa JPO di depan Mall Delta tersebut masih belum menghindarkan penggunanya dari bahaya. Hal tersebut sangatlah berpotensi menimbulkan error bagi pengguna JPO yang masih kurag waspada ketika menggunakannya.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s