Analisis Sebab Human Error di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Pemuda

Ditulis oleh M. Reza Firsada (2510100012) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

dsaa sda

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) merupakan fasilitas pejalan kaki untuk menyebrang jalan yang ramai dan lebar dengan menggunakan jembatan, sehingga orang dan kendaraan yang berlalu-lalang terpisah secara fisik. Dengan penggunaan JPO juga pejalan kaki dapat memperkecil kemungkinan mengalami kecelakaan berupa ditabrak oleh kendaraan ataupun hanya sekedar terserempet. Objek JPO yang difokuskan kali ini adalah JPO di Jalan Pemuda atau di depan Delta Plaza Surabaya.

Terkait dengan human error, fasilitas yang digunakan merupakan salah satu dari penyebab terjadinya human error. JPO merupakan fasilitas yang memiliki potensi penyebab terjadinya human error. Aktivitas human error yang dimaksud pada artikel ini adalah pejalan kaki tidak menggunakan fasilitas JPO. Faktor utama yang difokuskan sebagai penyebab human error adalah tidak tersedianya atap pelindung di JPO. Cuaca di kota Surabaya yang cenderung panas di siang hari memicu kemalasan pejalan kaki untuk menggunakan fasilitas JPO di Jalan Pemuda, Surabaya ini. Pejalan kaki lebih memilih menyeberang jalan secara langsung walaupun tingkat kemungkinan mendapatkan kecelakaan lebih tinggi. Belum lagi ketika musim hujan di Surabaya. Bagi pejalan kaki yang mau menyeberang dari satu tempat ke tempat lain lebih baik menyeberang lewat bawah JPO. Sekali lagi disebabkan tidak adanya atap pelindung pada JPO di Jalan Pemuda, Surabaya menjadi alasan utama bagi pejalan kaki.

Maka dari itu, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah pihak pemerintah daerah melakukan modifikasi perbaikan berupa pemberian atap pelindung pada fasilitas JPO supaya para pejalan kaki dapat memanfaatkannya dengan optimal.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s