Analisis Human Reliability Penyapu Jalan Surabaya

Ditulis oleh Mandra Ayi Restika (2510100040) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Surabaya merupakan kota besar yang memiliki banyak penduduk. Dengan padatnya penduduk yang ada di wilayah tersebut, jumlah penghasil sampahpun akan semakin banyak. Sampah yang ada di kota Surabaya dikelola langsung oleh Dinas Kebersihan Kotamadya Daerah tingkat II Surabaya. Masalah persampahan koa mertopolitan harus mendapakan perhatian serius, karena semakin besar kota, maka akan semakin banyak pula sampah yang terproduksi. Jumlah timbulan sampah rata-rata per hari saat ini adalah 8700 m3 sedangkan sampah yang dikelola hanyalah sebesar 6700 m3 atau 77% saja. Pasukan kuning adalah sebutan untuk tukang sapu jalan yang bertugas menyapu sampah pada jalan-jalan utama, taman kota, dan tempat umum lain. Menurut data dari Dinas Kebersihan kota Surabaya saat ini jumlah penyapu jalan adalah sebanyak 746 orang. Tidak jarang terjadi kecelakaan yang dialami oleh penyapu akibat teledornya pengendara kendaraan bermotor. Berikut ini data yang telah diambil selama tahun 2014 tentang kecelakaan yang dialami penyapu jalan:

saddsa

Banyak macam jenis kecelakaan yang dialami penyapu jalan tersebut, pada tahun 2014 awal hingga saat ini terdapat 4 kecelakaan yang rata-rata diakibatkan oleh pengendara kendaraan bermotor. Berikut ini macam kemungkinan akibat terjadinya kecelakaan:

asddsa

Tingkat keparahan yang dialami dianalisa pada tabel berikut ini:

sdasa

Sebaiknya dari kasus yang ada, penyapu jalan diberikan suatu sosialisasi terhadap hazard yang mungkin terjadi. Selain itu penyapu jalan harus selalu dilengkapi dengan baju yang dapat menyala agar terlihat oleh pengendara yang lewat. Jika perlu diberikan sebuah alat cone yang membatasi daerah mana yang akan disapu agar pengendara tidak melewati jalan tersebut.

Sumber: Wawancara langsung kepada narasumber (Penyapu jalan)

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Analisis Human Reliability Penyapu Jalan Surabaya

  1. apligo says:

    mohon maaf,kami tidak cukup pengetahuannya utk menjelaskan ttg penyakit.trimakasih atas responnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s