Analisis Human Reliability di Perlintasan Kereta Api

Ditulis oleh Hendro Prasetya (2511100149) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Kecelakaan pada pintu perlintasan kereta api sering menjadi berita hangat di Indonesia. Sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya fasilitas keamanan yang ada di perlintasan kereta api. Meskipun begitu, masih kerap terjadi kecelakaan diperlintasan kereta api yang sudah mempunyai fasilitas keselamatan yang memadai seperti palang pintu, rambu-rambu, dan pos penjagaan. Perilaku dari pengguna jalan sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api, terutama perilaku yang mengarah pada Human Error. Salah satu pengamatan yang dilakukan terletak di perlintasan kereta api Pasar Grosir Surabaya (PGS) di Surabaya. Perilaku dari pengguna jalan di Surabaya sebagian besar sering mengabaikan rambu-rambu lalu lintas yang ada, tidak terkecuali rambu-rambu yang terdapat diperlintasan kereta api. Hal tersebut merupakan salah satu Human Error yang disengaja dan berdasarkan pengamatan selalu terjadi setiap kali palang pintu perlintasan kereta api.

xzccxz xzxz

Gambar Pelanggaran yang terjadi di perlintasan kereta api PGS

Dari hasil pengamatan didapatkan beberapa pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengguna jalan di perlintasan kereta api PGS seperti berhenti melewati portal yang sudah ditutup, berputar balik di perlintasan kereta api, dan tetap menyebrangi perlintasan kereta api. Ketiga perilaku tersebut merupakan bentuk Human Error yang berpeluang menyebabkan kecelakaan kereta api di pintu perlintasan. Dari ketiga perilaku tersebut yang paling sering dilakukan adalah berhenti melewati portal yang sudah ditutup. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya karena batas aman yang sudah ditetapkan oleh PT. Kereta Api sendiri berada dibelakang portal. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah pengguna jalan tersambar kereta api yang lewat. Perhatian serius harus diberikan kepada perlintasan kereta api ini agar pengguna jalan bisa lebih teratur dan mematuhi rambu-rambu yang ada untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api ini.

 Sumber: Tugas Besar Human Reliability (Fitria, Arini, Hendro, Nuansa) 2014

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s