ANALISIS HUMAN ERROR PADA PENGGUNA JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG

Ditulis oleh M. Aulia Nurrahim (2510100033) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Fasilitas penyeberangan yang tersedia di jalanan yang sering kita lalui ketika kita sedang bepergian untuk mencapai tempat tujuan kita merupakan fasilitas yang disediakan untuk mempermudah kita dalam menyeberang jalan yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi. Selain mempermudah kita dalam menyeberang jalan yang tingkat kepadatan tinggi, fasilitas penyeberang jalan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Namun kenyataan yang terjadi saat ini adalah tingkat kecelakaan pada penyeberang jalan masih tinggi. Salah satu fasilitas penyeberangan jalan yang menjadi perhatian serius adalah kegunaan dari fasilitas jembatan penyeberangan orang (JPO).

saddsa

JPO merupakan salah satu fasilitas yang dibangun untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada para penyeberang jalan. Namun hal yang terjadi adalah sebaliknya, masih terdapat beberapa kasus kecelakaan yang dialami oleh para penyeberang jalan. Setelah dilakukan observasi langsung terhadap salah satu JPO yang terletak di kota Surabaya, kecelakaan yang dialami oleh para penyeberang jalan terjadi akibat banyak faktor. Untuk memperjelas penjelasan terkai penyebab terjadinya human error pada kasus ini akan dilakukan analisis menggunakan cause effect diagram yang telah tergambar.

asdsda

Pada diagram fishbone tersebut dapat dilihat bahwa terdapat tiga factor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan pada pejalan kaki yang akan menyeberangi jalan yaitu faktor manusia, factor lingkungan dan faktor fasilitas. Faktor manusia merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan akibat prilaku dari mausia itu sendiri. Dari diagram diatas dapat dilihat beberapa alasan terjadinya kecelakaan akibat ulah manusia, mulai dari terburu-buru, lelah, mengantuk kecerobohan hingga kurang sabar. Faktor kedua yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah faktor lingkungan. Faktor ini merupakan salah satu faktor yang mendasari terjadinya kecelakaan. Penyebab terjadinya kecelakaan akibat faktor lingkungan adalah kendaraan yang melintas pada lingkungan tersebut melaju dengan cepat, cuaca dari lingkungan tersebut panas dan kondisi lalu lintas pada lingkungan tersebut cukup ramai. Faktor terakhir yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah faktor fasilitas. Pada diagram fishbone diatas dapat dilihat terdapat beberapa penyebab terjadinya kecelakaan akibat faktor fasilitas diantaranya, tidak adanya fasilitas zebra crossing, tidak adanya petugas penyeberangan jalan dan tidak tersedianya fasilitas rambu lalu lintas penyeberangan.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s