Analisa Human Behaviour Pengguna Jembatan Penyeberangan

Ditulis oleh Ahmad Wildan Syarwani (2510100052) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Risiko yang terjadi pada pengguna jalan dapat diamati pada aktivitas yang dilakukan oleh pejalan kaki. Salah satu aktivitas pejalan kaki yang diamati adalah perilaku dalam penggunaan jembatan penyeberangan. Jembatan penyeberangan merupakan sebuah fasilitas yang membantu pejalan kaki agar dapat menyeberang secara aman sehingga angka kecelakaan dapat ditekan. Jembatan penyeberangan yang menjadi obyek amatan pada penelitian ini adalah Jembatan Penyeberangan Delta Plaza Surabaya yang terletak pada Jl. Pemuda 33-37 Surabaya. Dari hasil pengamatan yang dilakukan selama 2 hari, dimana 1 hari merupakan weekday dan hari lainnya merupakan weekend didapatkan data sebagai berikut:

Capture

Gambar 1. Persentase Penyeberangan Jalan pada Weekday

Capture1

Gambar 2. Persentase Penyeberangan Jalan pada Weekday

            Dari data di atas dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan perilaku antara pejalan kaki pada weekday dan weekend. Pejalan kaki pada hari weekday memiliki kecenderungan untuk tidak menggunakan jembatan penyeberangan sedangkan pejalan kaki pada hari weekend memiliki kecenderungan untuk menggunakan jembatan penyeberangan. Perbedaan perilaku ini dapat disebabkan karena adanya perbedaan aktivitas yang berbeda pada pejalan kaki di hari weekday dan weekend yaitu apabila pada weekday pejalan kaki memiliki banyak aktivitas kerja yang menuntut untuk efisiensi waktu sehingga mereka tidak menggunakan jembatan penyeberangan yang lebih banyak memakan waktu ditambah adanya fasilitass pembantu penyeberangan yang ada di dekat jembatan, sedangkan sebaliknya pejalan kaki pada hari weekend memiliki lebih sedikit aktivitas dan lebih cenderung santai sehingga lebih banyak pejalan kaki yang menggunakan jembatan penyeberangan.

 Daftar Pustaka

CCPS. (1994). Guideline for Preventing Human Error in Process Safety.

Kirwan, B. (1994). A guide to practical human reliability assessment: CRC Press.

Map, G. (2014). Delta Plaza. Surabaya.

Sanders, M. S., & McCormick, E. J. (1987). Human factors in engineering and design: McGRAW-HILL book company.

Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (1993). Probability and statistics for engineers and scientists (Vol. 5): Macmillan New York.

Wigananda, M. H., & Kartika, A. A. G. (2012). Analisis Kinerja Jalur Pedestrian di Kota Surabaya (Studi Kasus: Jl. Pemuda). Jurnal Teknik ITS, 1(1), E69-E74.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s