AUTONOMOUS CAR TAK LAGI MAHAL

Ditulis oleh  Haidar Natsir Amrullah, mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri ITS

Fenomena autonomous car dewasa ini begitu ramai dikalangan masyarakat tingkat atas utamanya di negara-negara Eropa. Munculnya mobil yang mampu bermanuver tanpa pengemudi ini ternyata berdampak positif terhadap penurunan angka kematian di European Union roads. Dalam 10 tahun terakhir angka kematian turun dari 70.000 menjadi 40.000 kasus per tahun. Penggunaan autonomous car disinyalir berperan dalam penurunan kasus tersebut. Menurut para ahli, sistem autonomous car dapat mereduksi tingkat stres dan kelelahan pengemudi yang akhirnya akan menurunkan angka kecelakaan di jalan tol.

Autonomous car pada umumnya dibuat dengan teknologi yang sangat canggih sehingga tak heran biaya produksinya sangat mahal. Sebagai gambaran,Honda Accord ADAS dipatok seharga USD 46.500. Dengan harga yang sangat mahal, autonomous car hanya mampu dinikmati oleh kalangan atas di Eropa. Namun baru-baru ini peneliti dari Institute for System and Robotics, Lisbon, Portugal berhasil mengembangkan sistem autonomous car yang jauh lebih murah. Mobil ini dirancang menggunakan sistem HANS yang memiliki kamera dan sensor dengan spesifikasi lebih rendah. Seperti autonomous car pada umumnya, mobil rancangan Andre Goncalves dan Andre Godinho ini telah mampu menjalankan menggantikan fungsi pengemudi manusia seperti mengikuti alur jalan, menjaga mobil tetap di lajur kanan, menjaga jarak dengan mobil lain, dan bahkan mendahului mobil lainnya jika dibutuhkan.

Pada eksperimen yang dilakukan di jalan tol ini peneliti menguji mobil dengan beberapa aktifitas yang biasa dilakukan oleh pengemudi. Mobil ini ternyata mampu menjalankan fungsi sebagaimana yang dilakukan oleh manusia. Saat mobil mendeteksi ada mobil lain didepannya dengan kecepatan yang lebih lambat, mesin ini secara otomatis akan memutar kemudi sehingga mobil bermanuver mendahului mobil didepannya. Setelah mendahului, mobil ini akan kembali ke lajur semula. Kedepan, rancangan mobil autonomous car murah ini diharapkan dapat juga dinikmati oleh kalangan menengah sehingga kasus-kasus kecelakaan akibat stres dan kelelahan dapat terus berkurang.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi, Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s