Sudah Efektifkah Cara Kampanye Keamanan Berkendara di Surabaya?

Ditulis oleh Syahrul Anang (2510100036) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur sekaligus kota terbesar kedua di Indonesia setelah Ibu kota Jakarta. Sudah barang tentu bahwa kota besar sangat erat hubungannya dengan maju pesatnya bisnis di kota tersebut. Dengan pesatnya bisnis, maka kesempatan kerja juga akan meningkat. Seiring terbuka lebarnya kesempatan kerja, maka akan banyak masyarakat berbondong-bondong untuk mencari “sesuap nasi” ke kota tersebut. Dan Surabaya merupakan salah satu tujuannya.

Surabaya dengan banyak sekali ragam bisnisnya, maka aktivitas bisnis juga menjadi meningkat. Dan kendaraan bermotor menjadi salah satu “alat” bagi mereka dalam menunjang aktivitas bisnisnya. Untuk pertambahan jumlah kendaraan bermotor di Surabaya sendiri terbilang sangat pesat per tahunnya. Kasatlantas Polrestabes Surabaya, Sabilul Alif menjelaskan bahwa jumlah kendaraan di Surabaya sampai November 2012 tercatat ada 4.166.847 unit. Jumlah itu terdiri 604.060 mobil penumpang, 220.712 mobil beban, 7.185 bus, 945 kendaraan khusus dan 3.333.947 sepeda motor. Jumlah ini naik sekitar 138.837 unit dibandingkan 2011 lalu. (Surabayakita, 2013)

Capture

Semakin banyaknya kendaraan di Surabaya per tahunnya, akan berbanding lurus dengan kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Di Surabaya dua tahun kebelakang, data kecelakaan lalu lintas pada tahun 2012 terjadi 1.136 laka lantas. (news, 2013) Meskipun tahun 2013 jumlahnya menurun, yaitu menjadi 821 kejadian, namun angka tersebut masih dirasa terlalu tinggi.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, Polisi di Surabaya telah melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah kampanye kreatif yang dilakukan dengan memberikan banner-banner edukasi kepada para pengguna kendaraan bermotor khususnya di jalan raya. Dan berikut ini contoh-contoh gambar banner lalu lintas di beberapa tempdasat di Surabaya.

dsasa

Menurut analisis saya, ada beberapa manfaat dan juga kelemahan dalam kegiatan kampanye lalu lintas tersebut yang dilakukan oleh pihak kepolisian terutama di Surabaya. Dan berikut ini analisis saya.

  1. Kampanye tersebut sangat kreatif karena pesan-pesan yang terkandung dalam banner tersebut dapat masuk dalam “alam bawah sadar” bagi pengendara kendaraan bermotor. Pengendara motor akan selalu teringat pesan-pesan positif tersebut ketika berkendara.
  1. Namun, terdapat pemasangan banner-banner lalu lintas di sepanjang jalan umum atau jalan besar yang banyak dilewati oleh kendaraan bermotor. Menurut saya, hal ini bisa mengganggu konsentrasi para pengendara bermotor. Karena konsentrasi mereka akan terpecah antara konsentrasi mengemudi dan konsentrasi membaca pesan banner. Berikut gambar-gambar banner yang dipasang disepanjang jalan yang dilalui pengendara bermotor. Capture1
  1. Saran saya, agar pesan bisa dibaca oleh pengendara, pesan bisa ditempatkan di tempat-tempat yang bisa dibaca oleh pengendara ketika pengendara tidak sedang berkemudi, misalnya di lampu merah, di tempat parkir mal, di tempat rekreasi, dan lain-lain.

Referensi :

news, d. (2013, December 29). detik news. Retrieved May 18, 2014, from Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Surabaya Tahun 2013 Turun 28% : http://news.detik.com/surabaya/read/2013/12/29/172441/2453421/475/angka-kecelakaan-lalu-lintas-di-surabaya-tahun-2013-turun-28

Retno Murti Wardhani, D. I. (2012). Perancangan Kampanye Safety Riding untuk Pengendara Motor Surabaya 2012. SAINS DAN SENI , 43-46.

Surabayakita, R. (2013, January 28). Surabayakita.com. Retrieved May 18, 2014, from Tambah Tahun Surabaya Tambah Macet: http://www.surabayakita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=5679:tambah-tahun-surabaya-tambah-macet&catid=25:peristiwa&Itemid=28

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s