Analisa Statistik Kecelakaan Tambang di Indonesia

Ditulis oleh Nuansa Pahala Pramadhandi (2511100150) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Kecelakaan merupakan peristiwa yang terjadi karena ada kesalahan dalam proses kerja. Kesalahan dalam proses kerja bisa terjadi karena faktor alam, faktor manusia ataupun faktor operasional yang disengaja atau tidak terjadi saat proses kerja sedang berlangsung. Kecelakaan pada umumnya dapat dibagi menjadi dua yaitu kecelakaan kerja dan kecelakaan lalu lintas.

assda

Data diatas merupakan data kecelakaan tambang pada tahun 2006 sampai tahun 2009. Kecelakaan pada data diatas dibagi menjadi 3 kategori kecelakaan yaitu kecelakaan ringan, kecelakaan berat serta kecelakaan yang menyebabkan kematian. Dari grafik diatas dapat dilihat bahwa total kecelakaan pekerja tambang mengalami penurunan dari tahun ke tahunnya. Penurunan yang cukup signifikan terjadi pada tahun 2008 ke tahun 2009. Tahun 2008 total kecelakaan yaitu 218 dan dapat ditekan menjadi hanya 24 kecelakaan pada tahun 2009. Penurunan sejak tahun 2006 hingga 2009 terjadi karena campur tangan pemerintah dalam memperbaiki system kerja agar lebih aman, nyaman dan mengutamakan keselamatan dari para pekerjanya. Campur tangan dari pemerintah akhirnya mendapatkan hasil terbesar pada tahun 2008 sehingga penurunan angka kecelakaan kerja secara signifikan terjadi pada tahun 2009. (218 pada tahun 2008 dan 24 pada tahun 2009). Campur tangan yang dilakukan pemerintah meliputi pemberian sanksi keras terhadap para owner perusahaan yang tidak menjalankan SOP dengan baik. Hal ini membuat human error pada kecelakaan kerja dapat diminimalisir.

Referensi

Analisis Penyebab, http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/125565-S-5639-Analisis%20penyebab-Pendahuluan.pdf, viewed at 15 May 2014

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s