CERITA DIBALIK MUDIK LEBARAN 2013

Ditulis oleh Arini Fitriya Izzati (2511100004) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Jumlah pemudik yang mengalami kecelakaan dalam arus mudik lebaran tahun 2013 terus mengalami peningkatan. Human error dinilai sebagai penyebab paling banyak atas kecelakaan yang terjadi pada H-4 lebaran 2013. Berdasarkan keterangan dari Kepala Divisi Humas Mabes Polri, tingginya angka kecelakaan yang terjadi disebabkan karena banyaknya pemudik yang kelelahan tetap memaksakan diri untuk memacu kendaraan. Berikut merupakan grafik dari data korps lalu lintas POLRI mengenai jumlah kecelakaan lalu lintas dan korban tewas pada mudik lebaran 2013 di berbagai provinsi di Indonesia:

Capture

Capture1

Dari grafik diatas, dapat dilihat bahwa daerah dengan jumlah kecelakaan lalu lintas dan korban tewas terbanyak terdapat di Provinsi Jawa Timur dan disusul oleh Provinsi Jawa Tengah, dimana jumlahnya jauh diatas provinsi-provinsi yang lain. Sedangkan untuk jenis kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas pada mudik lebaran 2013 adalah sepeda motor. Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kecelakaan dan korban tewas terbanyak pada mudik lebaran 2013 karena Jawa Tengah menjadi wilayah tujuan dan lintasan arus mudik maupun arus balik terbanyak, selain itu Jawa Tengah merupakan provinsi asal pemudik terbanyak.

Untuk jenis kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran pada mudik lebaran tahun 2013 adalah sepeda motor. Hal ini dapat terjadi karena sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak mendominasi arus mudik lebaran. Selain itu, jika dibandingkan dengan kendaraan yang lain, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling rawan mengalami kecelakaan. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Pertama, dari segi pengemudinya. Tingginya angka kecelakaan yang dialami oleh pengemudi sepeda motor bisa disebabkan karena pengemudi tetap memacu kendaraannya meskipun tubuh telah mengantuk dan lelah. Kedua, dari segi beban yang dibawa selama mudik. Banyak pengemudi sepeda motor yang membawa barang-barang bawaan selama mudik melebihi kapasitas yang seharusnya. Hal ini terkadang ditambah dengan banyaknya penumpang yang naik dalam satu sepeda motor yang melebihi kapasitas optimal dari sepeda motor tersebut. Sehingga, pada akhirnya kecelakaan pada sepeda motor tidak dapat dihindarkan.

Referensi :

Anonim 2013, Kecelakaan Akibat Human Error, dilihat 16 Mei 2014, <http://koran-sindo.com/node/321300&gt;.

Anonim 2013, Jateng Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas, dilihat 16 Mei 2014, <http://sinarharapan.co/news/read/23351/jateng-tertinggi-kecelakaan-lalu-lintas&gt;.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s