Statistik Kecelakaan Sepeda Motor pada Wilayah Amerika Serikat Tahun 1975-2011

Ditulis oleh Irham Abdul Ghafar (2510100705) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Kegiatan berkendara tidak terlepas dari terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas ini pada umumnya memiliki beberapa faktor penyebab kejadian. Salah satunya adalah akibat dari human error karena kegiatan berkendara sangat berhubungan dengan manusia sebagai pengendara kendaraan bermotor. Pada artikel kali ini, pembahasan kecelakaan lalu lintas akan dispesifikkan kepada kecelakaan berkendara sepeda motor pada wilayah Amerika Serikat sejak tahun 1975 hingga tahun 2011. Berikut ini adalah data yang terkait dengan kasus kecelakaan dalam berkendara sepeda motor pada wilayah Amerika Serikat pada tahun 1975-2011.

safsf

Data menunjukkan bahwa Kecelakaan pengendara sepeda motor di Amerika Serikat meningkat dua kali lipat dari tahun 1997 hingga 2008. Setelah itu mengalami penurunan pada tahun 2009 dan kembali meningkat pada dua tahun berikutnya  serta diperkirakan akan meningkat hingga 5000 kasus pada 2012. Pada tahun-tahun sebelumnya dari tahun 1975 hingga tahun 1980 jumlah kecelakaan terus meningkat. Jumlah kecelakaan mengalami penuruna yang signifikan dari tahun 1986 hingga 1976, meski sempat mengalami kenaikan pada tahun 1990.

Beberapa faktor terjadinya kecelakaan ini diantaranya adalah cuaca, kondisi ekonomi, harga bensin, jumlah sepeda motor baru dibeli, dan program keselamatan. Cuaca yang cerah mendorong orang untuk bepergian dan akan meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan. Kondisi ekonomi yang baik juga akan meningkatkan pembelian sepeda motor. Harga bensin yang meningkat akan membuat orang-orang lebih memilih sepeda motor yang lebih hemat bakan bakar. Jumlah sepeda motor yang meningkat pun akan meningkatkan kepadatan lalu lintas dan akhirnya meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan.

 Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan diantaranya adalah peningkatan penggunaan helm standard, penghindaran konsumsi minuman beralkohol sebelum berkendara, pembatasan kecepatan maksimal, pemeriksaan kelengkapan surat, dan peningkatan kesadaran bagi pengendara kendaraan bermotor lainnya.  Kondisi pengendara sepeda motor harus cukup baik bila akan berkendara dan segala sarana keamanan diri seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Selain itu sepeda motor juga harus dalam kondisi yang layak. Beberapa pemilik kendaraan sepeda motor seringkali lalai dalam menjaga kondisi sepeda motor yang berkaitan dengan fungsi keamanan berkendara. Saat berkendara pun pengendara sepeda motor harus mematuhi rambu lalu lintas. Baik pengendara sepeda motor maupun pengendara kendaraan bermesin lainnya harus peka terhadap kondisi sekeliling sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan sepeda motor dapat diminimalisir.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s