STATISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS

Ditulis oleh Aulia Fikriati (2511100014) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Kecelakaan lalu lintas merupakan sebuah masalah sosial dan sudah menjadi hal yang ‘biasa’ bagi masyarakat Indonesia. Hal ini karena intensitas kejadiannya yang makin tinggi (sering terjadi). Hal ini didukung dengan pernyataan World Health Organization (WHO) dalam laporannya pada hari kesehatan internasional tahun 2004 menyebutkan, sebanyak 1,2 juta orang korban meninggal dunia setiap tahun dan lebih kurang 50 juta orang mengalami luka berat dan ringan akibat kecelakaan lalu lintas. Data dari kementrian perhubungan berikut menggambarkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada tahun 2008-2012.

sdfdfs

asd

Sumber: Korlantas POLRI diolah kembali oleh Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Dirjen Hubdat/National Traffic Police (NTP)

Dari 2 grafik tersebut dapat dilihat bahwa angka kecelakaan lalu lintas semakin tahun semakin meningkat, demikian pula dengan jumlah korbannya. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. salah satunya ditunjukkan oleh grafik di samping.

Grafik ini menunjukkan dari tahun 2008 – 2012 jumlah kendaraan bermotor makin meningkat. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor tiap tahunnya, maka volume jalan raya pun kian padat. Dapat ditarik kesimpulan dengan berbanding lurusnya jumlah kendaraan dan jumlah kecelakaan dengan waktu, maka terdapat hubungan antara jumlah kendaraan dengan jumlah kecelakaan.

Dari grafik yang pertama yaitu statistik kecelakaan lalu lintas dapat dilihat bahwa angka kecelakaan lalu lintas semakin tahun semakin meningkat, demikian pula dengan jumlah korbannya. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. salah satunya ditunjukkan oleh grafik yang kedua yaitu jumlah kendaraan.

            Grafik tersebut menunjukkan dari tahun 2008 – 2012 jumlah kendaraan bermotor makin meningkat. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor tiap tahunnya, maka volume jalan raya pun kian padat. Dapat ditarik kesimpulan dengan berbanding lurusnya jumlah kendaraan dan jumlah kecelakaan dengan waktu, maka terdapat hubungan antara jumlah kendaraan dengan jumlah kecelakaan. Semakin banyak kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan, semakin tinggi pula resiko adanya kecelakaan karena kendaraan tersebut merupakan salah satu faktor pemicu. Hal ini berhubungan dengan faktor manusia (human error) pada saat berkendara. Berdasarkan data dari direktorat Jenderal Perhubungan Darat – Dept Perhubungan 93,52% faktor penyebab kecelakaan adalah karena pengemudinya. Faktor pengemudi yang dmaksud adalah kondisi fisiknya, seperti lelah, mengantuk, tidak terampil, lelah, mabuk, mengebut, kesalahan membaca petunjuk jalan, dan sebagainya. Jika jumlah kendaraan makin banyak, makin tinggi pula kemungkinan pengendara yang error saat mengendarai kendaraannya, sehingga kondisi ini memungkinkan terjadinya kecelakaan. Kondisi manusia yang sedang error ini bisa saja disebabkan oleh manusia itu sendiri, maupun faktor lingkungan seperti kondisi jalan yang gelap, berkabut, jalan yang tidak rata, hujan, dan marka jalan yang kurang jelas. Oleh karena itu seharusnya dengan tingginya volume kendaraan, pemerintah mengambil langkah lebih strategis untuk mengatasi tingginya angka kecelakaan. Misalnya dengan membuat kebijakan seperti pemerintah Singapura yaitu menerapkan kebijakan pajak yang tinggi bagi kendaraan pribadi, selain itu usia kepemilikan kendaraan di Singapura juga dibatasi hanya 10 tahun (http://megapolitan.kompas.com). Hal ini akan membantu penekanan jumlah kendaraan pribadi dan mungkin menjadi salah satu jalan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

REFERENSI:

Data Statistik Perhubungan 2012, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/03/26/12223271/Ini.Rahasia.Lalu.Lintas.Singapura.Lancar

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s