Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Kabupaten Gresik Tahun 2013

Ditulis oleh Dwi Setiyoko (2510100065) Mahasiswa Jurusan Teknik Industri ITS

Berdasarkan data yang didapatkan dari jurnal yang berjudul “Gresik Dalam Angka tahun 2013” diperoleh fakta mengenai tingkat kecelakaan yang terjadi di kabupaten Gresik selama periode tahun 2013. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan grafik tingkat kecelakaan di kabupaten gresik dimulai dari bulan Januari 2013 hingga Desember 2013.

Capture

Sumber : Jurnal “Gresik Dalam Angka 2013”

                Dari gambar grafik diatas dapat dilihat bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas di kabupaten gresik dirasa cukup tinggi dengan jumlah kasus terbanyak pada bulan September 2013 melibatkan 85 kasus. Secara umum kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kabupaten Gresik menurut jurnal Gresik dalam angka 2013 lebih sering melibatkan pengendara dengan background pendidikan SMA dan remaja usia 17-22 tahun.  Hal tersebut menunjukkan bahwa pelajar di kabupaten gresik dengan range usia 17-22 tahun perlu mendapatkan perhatian ketat baik ketika proses pengurusan surat ijin mengemudi ataupun atitude saat berkendara untuk dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu usia dengan range tersebut dianggap masih belum dewasa dalam berkendara sehingga sering melakukan human error saat berkendara yang tidak hanya merugikan diri sendiri melainkan pengguna jalan lainnya.

Selain faktor usia dan tingkat pendidikan, salah satu faktor lainya yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah kondisi jalan serta cuaca. Diketahu bahwa puncak terjadinya musim hujan tahun 2013 di kabupaten gresik terjadi pada bulan September.  Hal tersebut yang membuat melonjaknya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama periode bulan tersebut yang tercatat terjadi 85 kasus atau dalam rataan hampir 3 kasus setiap harinya. Kondisi jalan yang kurang memadai dan dilalui oleh beberapa kendaraan besar (truk, bus) juga menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan di kabupaten gresik. Perlu usaha dan kerja keras yang terintegrasi antar pejabat terkait, guna dapat menekan terjadinya kecelakaan sehingga tidak menimbulkan kerugian baik materi hingga nyawa.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s