TEKNOLOGI BIDANG LEBAR JARAK PANDANG GELOMBANG MILIMETER

Ditulis oleh  ADELIA (2513108701)

Tahukah kamu bahwa menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2011, di Indonesia kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberculosis?

Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor dan transportasi umum serta kurangnya kewaspadaan masyarakat terhadap sekitar merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Data WHO tahun 2011 menyebutkan, sebanyak 67 % korban kecelakaan lalu lintas berada pada usia produktif, yakni 22 – 50 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa usia produktif memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan usia lain, tetapi tetap saja hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa rentang usia selain usia produktif tidak memiliki resiko untuk mengalami kecelakaan. Namun, bukan hanya Indonesia saja yang mengalami permasalahan serupa. Bahkan mayoritas Negara lain juga memiliki permasalahan serupa dengan permasalahan ini.

Mengatasi masalah kecelakaan yang sering terjadi, telah banyak usaha-usaha yang dilakukan oleh para ahli. Baik usaha dari sisi pengemudi atau pengguna jalan untuk lebih mengutamakan aspek kewaspadaan dan peraturan di jalan raya dan dari sisi teknologi yang digunakan untuk membantu menambah kewaspadaan pengemudi dalam aktivitasnya di jalan raya. Teknologi yang telah diterapkan berupa sensor pada setir mobil, rem otomatis, sensor kantuk pada pengemudi dan masih banyak lagi. Kali ini, ada sebuah teknologi baru untuk mendukung keamanan di jalan raya.

Apakah teknologi itu?

Teknologi ini datang dari Panasonic Corporation (Perusahaan bidang pengembangan teknologi elektronik). Bertempat di Osaka, Jepang ternyata Panasonic telah mengembangkan teknologi bidang pandang lebar dengan gelombang milimeter yang memiliki presisi tinggi. Teknologi ini dapat mendeteksi mobil, bus, pejalan kaki bahkan sepeda secara terpisah dalam waktu kurang dari 0,1 detik dengan jarak minimal 20 cm pada setiap bidang pandang.

adel1

Radar 79 GHz diterapkan untuk digunakan dalam mendeteksi sensor dalam menghindari kecelakaan yang terjadi di persimpangan. Radar ini mampu mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di malam hari bahkan pada kondisi cuaca buruk. Teknologi baru Panasonic ini telah meningkatkan akurasi deteksi radar pada jarak pandang yang lebar pada setiap bidang pandang yang ada di depan pengemudi.

Hal yang diunggulkan oleh Panasonic dari teknologi ini yaitu adanya penerapan teknologi gelombang radar millimeter yang berguna untuk pemindaian dan deteksi yang cepat dalam siklus kurang dari 0,1 detik. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan siklus yang sangat singkat tersebut memungkinkan untuk mendeteksi kendaraan, bus, sepeda dan pejalan kaki yang bergerak lambat dan dipisahkan dengan jarak 20 cm pada kisaran 40 m dengan akurasi 2,5 kali lebih tinggi dari model sebelumnya yang pernah ada dari radar gelombang milimeter. Kemudian selain itu, beberapa radar gelombang millimeter telah diberikan pada teknologi ini lengkap dengan pelebaran luas area pandang pada teknologi yang membuat teknologi ini cocok untuk memantau keseluruhan area persimpangan khas (persimpangan yang memiliki bentuk dengan lebar 20 m).

Unsur-unsur baru yang telah dikembangkan untuk teknologi ini yaitu berupa pemindaian multi-dimensi yang mampu dengan cepat menentukan lokasi penginderaan dan mempertahankan tingkat sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi pejalan kaki dengan penekanan kebisingan karena refleksi dari kendaraan serta dilengkapi dengan teknologi yang memiliki kemampuan  unggul untuk mendeteksi benda dengan resolusi yang tinggi secara bersamaan.

Panasonic telah mendemonstrasikan teknologi barunya ini di ITS World Congress 2013 pada tanggal 15-18 Oktober lalu di Tokyo Big Sight dengan menggunakan alat uji dengan lisensi radio eksperimental. Dengan ini Panasonic memegang 27 paten di Jepang dan 14 paten di luar negeri termasuk aplikasi tertunda untuk teknologi radar baru. Panasonic optimis bahwa dengan memperingatkan pengemudi dari adanya pejalan kaki di penyeberangan atau sepeda di blind spot, teknologi radar canggih Panasonic dapat membantu mengurangi beban dan kecelakaan lalu lintas pengemudi di persimpangan, yang mencapai sekitar 50% dari semua kematian lalu lintas.

Referensi : Panasonic Develops High Precision, Wide Field of View Millimeter-Wave Radar Technology _ Headquarters News _ Panasonic Global.html

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s