Scooter untuk Manula

 Ditulis oleh oleh FAUZIA NURAINI (2510100029)yola1

Lanjut usia atau bisa disingkat dengan sebutan Lansia adalah fase menurunnya kemampuan akal dan fisik seorang manusia yang dimulai dengan adanya beberapa perubahan dalam hidup. Manusia yang dapat dikatakan lanjut usia adalah ketika manusia tersebut telah berumur antara usia 60 tahun sampai usia 74 tahun. Saat manusia telah menginjak usia tersebut, maka terdapat banyak perubahan yang akan terjadi dan dapat dilihat dibandingkan dengan manusia yang berumur diluar kisaran usia tersebut. Salah satu perubahan yang akan terjadi adalah mengenai penurunan kondisi fisik seperti tenaga dan energi yang akan berkurang dan menurun sejalan dengan bertambahnya usia manusia, kulit berkeriput, gigi rontok, tulang rapuh, penglihatan rabun, pendengaran menurun, dan hal-hal lainnya.

Oleh sebab perubahan tersebut, maka diperlukannya alat bantu bagi para lanjut usia dalam melakukan kegiatan sehari-harinya sehingga dapat meminimasi energi dan tenaga yang dikeluarkan. Salah satu alat bantu yang telah dibuat oleh Malin Grummas adalah “Elderly Scooter”. Dengan dibuatnya alat ini, setiap lansia akan lebih efisien dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, sehingga dapat meningkatkan mobilitasnya, kemandiriannya, dan keaktifannya dalam melakukan beberapa kegiatan. Keaktifan yang didapat dari alat bantu tersebut membuat setiap lansia dapat berpergian diluar ruangan atau di alam bebas dengan mudah. Selain itu, udara segar yang dihirup oleh setiap lansia juga berpengaruh baik bagi pernapasannya dan berpengaruh baik bagi peregangan otot serta sirkulasi darah setiap lansia.

Adanya konsep solusi transportasi inovatif yang dikhususkan oleh setiap lanjut usia di dalam alat bantu ini membuat alat tersebut sangat disarankan maupun dianjurkan untuk digunakan. Dengan alat bantu tersebut, setiap lanjut usia dapat mendapatkan pengaruh baik bagi kesehatan mereka karena telah dibuat dengan desain yang dapat menyeimbangkan badan setiap pemakainya, khususnya untuk setiap lanjut usia. Elderly Scooter juga dapat membuat setiap lanjut usia akan tetap aktif, sehingga membuat setiap lanjut usia tidak merasa direndahkan karena kehilangan kontribusinya di masyarakat sekitar. Selain itu, setiap lanjut usia juga dapat mengurangi dalam mengalami kesulitan dan hambatan untuk berjalan. Seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini.yola2

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s