Rekam Data Kecelakaan Udara Indonesia

Ditulis oleh Nurul Hudaningsih (2512204003)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri – ITS

Beberapa tahun terakhir, setiap tahun di Indonesia terjadi kecelakaan transportasi udara. Kecelakaan yang terjadi mengakibatkatkan cukup banyak korban, baik korban yang terluka maupun korban yang meninggal. Berikut adalah tabel yang menunjukkan kecelakaan yang terjadi di Indonesia 5 tahun terakhir.

Picture24

Sumber : Database KNKT 2012

                Tabel di atas menunjukkan jumlah kecelakaan transportasi udara yang berhasil diinvestigasi oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) yang terjadi selama kurun waktu 2007 sampai 2012. Pada tabel di atas, jumlah kecelakaan mengalami tren naik namun jumlah korban meninggal dan korban luka-luka mengalami penurunan. Meskipun pada tahun-tahun tertentu terjadi kenaikan.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh KNKT, penyebab kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di Indonesia ada pada operator dan bandara. Operator disebabkan oleh human factor dan ketidakmampuan terhadap penguasaan teknis operator terhadap alat/mesin pesawat. Sedangkan faktor penyebab bandara dikarenakan adanya faktor cuaca/ketidakpastiaan alam dan kesalahan dalam melaksanakan prosedur penyiapan bandara. Semakin mendekati saat ini, kecelakaan yang terjadi banyak diakibatkan oleh kesalahan manusia sebagai operator. Jumlah kecelakaan yang meningkat perlu menjadi perhatian khusus karena usaha perbaikan dari lingkup teknis telah dilaksanakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindak lanjut untuk mengurangi kesalahan akibat human factor.

Apabila ditelaah ulang, kecelakaan transportasi udara temasuk ke dalam kecelakaan kerja. Hal ini dikarenakan dalam transportasi udara terdapat pekerja yang menjadi korban dalam kecelakaan. Selanjutnya, hal ini perlu mendapat perhatian dari pihak yang berwenang untung memperbaiki faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Mengingat manusia merupaka aset terbesar yang berada pada sebuah sistem.

Referensi :

Media Release Akhir Tahun Komite Nasional Keselamatan Transportasi, 2013, KNKT.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s