Pola Sopir Mengantuk

Ditulis oleh Handy Febri S (2512204002)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri – ITS

Picture22Mengantuk pada saat mengemudi merupakan kontributor utama kecelakaan lalu lintas. Mabes Polri mencatat selama mudik lebaran 2013 terjadi 682 kecelakaan karena pengemudi mengantuk. Data lain menyebutkan angka kecelakaan selama mudik tahun 2011 terdapat  4.744 kasus. Sebagian besar kecelakaan tersebut disebabkan oleh faktor kelelahan atau mengantuk. Kecelakaan karena mengantuk sebanyak 1.018 kasus yaitu kecelakaan mobil penumpang sebanyak 864 unit dan bus sebanyak 254 unit.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat pada tahun 2013 menggambarkan grafik kesalahan sopir saat mengemudikan kendaraannya dikarenakan mengantuk. Responden yang digunakan adalah 29 peserta kondisi shift malam sebagai peserta yang mengantuk karena kelelahan dan 12 peserta dalam kondisi shift siang sebagai kontrol. Penelitian yang dilakukan Forsman dilakukan selama 10 hari kerja selama 30 menit dengan berbagai macam kondisi jalan lurus atau berbelok. Peneliti menemukan bahwa variabilitas jalur berkorelasi secara signifikan dengan kenaikan kelelahan sepanjang waktu dalam kondisi shift malam.

Picture23

Dari grafik diatas terdapat beberapa garis antara lain: posisi jalur yang dikemudikan sopir (garis tebal), posisi perkiraan jalur (garis putus-putus), dan sudut kemudi (garis titik-titik). Grafik tersebut diatas menunjukkan perkirakan perubahan posisi jalur lateral dari perubahan sudut roda kemudi. Dapat dilihat bahwa selama 15 menit pertama dan 5 menit terahir, jalur yang diambil sopir tidak sesuai dengan jalur yang diestimasikan dengan penyimpangan sekitar 8 cm. Hal ini menunjukkan waktu-waktu yang rentan mengantuk pada sopir.

Pelu adanya alat pendeteksi dini dalam mobil berupa peringatan bila sopir mengantuk dengan indikasi jalur yang diambil tidak sesuai (sering selip) dan kondisi mata. Sebuah papan reklame dari Dinas Perhubungan bertuliskan “mengemudi kok ngantuk, ngantuk kok mengemudi”.

Referensi:

Forsman, P.M. dkk. (2013). Efficient driver drowsiness detection at moderate levels of drowsiness. Accident Analysis and Prevention, 50, 341– 350.

http://www.tribunnews.com/nasional/2013/08/19/682-kecelakaan-terjadi-karena-mengantuk

http://news.detik.com/read/2011/09/08/231853/1718626/10/1018-kecelakaan-di-jalanan-disebabkan-karena-mengantuk

 

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pola Sopir Mengantuk

  1. ARINI FITRIYA IZZATI says:

    Secara keseluruhan, artikel yang ditulis sudah cukup bagus, karena dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa untuk mengetahui waktu-waktu sopir rentan mengantuk saat mengemudikan kendaraan dapat diestimasikan melalui grafik kesalahan sopir saat mengemudikan kendaraannya karena mengantuk.
    Namun, menurut saya masih ada hal yang perlu dijelaskan dalam artikel ini, yakni terkait penjelasan atau cara perhitungan untuk mendapatkan posisi perkiraan jalur yang diestimasikan, mengingat posisi jalur ini menjadi dasar untuk menentukan apakah jalur yang diambil oleh sopir sudah sesuai atau menyimpang. Hal ini penting untuk dijelaskan karena apabila orang lain ingin melakukan penelitian serupa dengan obyek sopir yang berbeda, maka mereka sudah mengetahui dasar-dasar perhitungannya dalam menentukan posisi perkiraan jalur yang diestimasikan.
    Selain itu, metode yang dituliskan untuk mengantisipasi agar sopir tidak mengantuk, perlu dijabarkan dan diperinci lagi agar informasi yang diberikan lebih jelas dan mudah untuk diaplikasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s