Meja Ergonomis, Bisa Membuat Siswa Nyaman Belajar Pada Posisi Apapun

edwin1

Ditulis oleh  oleh EDWIN SAFERIAN (2510100006)

Terdapat penelitian menarik di Amerika mengenai sifat dari kegiatan belajar mengajar siswa sekolah dasar, tepatnya di Marine Elementary School , St Croix Minnesotta.  Sepintas memang tidak ada yang berbeda dari sekolah ini akan tetapi bila dilihat lebih dalam ada salah satu hal yang sangat berbeda dibanding sekolahan pada umumnya. Ya, para siswa tidak selalu harus duduk dan diam sepanjang kelas, mereka boleh berdiri dari bangku untuk meregangkan badan mereka kapanpun mereka inginkan dibantu dengan meja yang sudah didesain agar bisa adjustable.
Ide mengenai meja ini dikemukakan oleh guru dari sekolah tersebut,  Abby Brown karena selama mengajar lebih dari 20 tahun melihat beberapa kejanggalan dan kesusahan yang dialami oleh siswanya. Ada yang mengalami kesulitan menulis, kesulitan membaca dan 
edwin2kesulitan berkonsentrasi dikarenakan keragaman tinggi siswa dipaksakan dengan ukuran dari meja dan kursi yang terlalu statis, dan tidak memikirkan bahwa tinggi anak pada masa sekolah dasar tidaklah sama semua, mengingat perkembangan badan anak sangat cepat dimana hal tersebut bisa menjadikan pembeda tinggi badan anak kelas satu dan anak kelas 6.

Meja ini memungkinkan siswanya untuk bisa mengubah posisi belajar dari duduk biasa hingga berdiri, Abby Brown merealisasikan ide ini dengan dibantu oleh perusahaan furnitur ergonomis lokal. Karena ide dari sekolah inilah, maka sekolah sekitarnya mulai mencontohnya dan meja belajar adjustable menjadi sangat populer dikalangan sekolah maupun orang tua murid. Perkembangan berita ini paling cepat tersebar dari mulut ke mulut dan sekarang, pesanan berdatangan bukan hanya dari wilayah St Croix, akan tetapi juga dari Carolina dan California.

Meja ini pun menimbulkan rasa penasaran bagi para akademisi sehingga dua peneliti dari University of Minnesota mencoba menbuat studi berdasarkan data yang diberikan oleh Abby Brown mengenai meja adjustable rancangannya. Para siswa dipelajari dan diamati pada saat menggunakan meja konvensional maupun meja adjustable ini dan dicari perbedaan dari aktifitas fisik untuk mengambil simpulan akhir mengenai konsepsi pembakaran kalori dan keuntungan scholastik anak yang mungkin dapat mempengaruhi perkembangan akademis mereka.

edwin4“Saya rasa kita sudah terlalu terpaku pada kelas ala tradisional dan perlu waktu agaredwin3 masyarakat bisa mulai berpikir bahwa belajar bisa dilakukan dengan cara lain,” kata Beth Lewis dari School of Kinesiology, University of Minnesota, “Kami tahu bahwa bergerak adalah hal yang baik untuk anak, kita bisa mengukur kemungkinan hari sakit, apapun itu. Para guru melihat perubahan ke arah yang positif akan hal ini”

Sumber :
http://www.nytimes.com/2009/02/25/us/25desks.html
https://www.umanitoba.ca/faculties/kinrec/bsal/miniu/summer.pdf

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s