ERGONOMICS BACKPACK FOR KIDS

nisa1

Ditulis oleh ANISSA PUTRI HARWIYANI (2510100016)

Apa sajakah barang-barang yang ada di dalam tas anak-anak disekitar anda saat ini ? buku? tempat minum? tempat makan? baju? mainan? mungkin sudah bukan berita baru lagi bahwa anak-anak dalam jenjang sekolah membawa beban berupa buku yang tidak sedikit dan berat untuk menunjang performansi akademik mereka disekolah. Sebagian dari anak-anak yang membawa beban terlalu berat tersebut mengeluhkan nyeri pada bagian bahu dan punggung (Jacobs,2002). Apabila  diperhatikan secara lebih jeli kebanyakan anak-anak sekolah memiliki postur tubuh yang membungkuk kedepan akibat menahan beban dari tas ransel yang mereka gunakan agar tidak terjungkir terbalik, dan bagi sebagian dari mereka yang menggunakan jenis tas yang digunakan hanya pada satu bahu akan menyebabkan postur tubuh yang salah.

Tahukah anda bahwa menggunakan tas ransel yang ergonomis dapat meminimalisir terjadinya masalah yang serius seperti cidera punggung dan bahu, selain itu juga dapat memberikan banyak manfaat seperti memperbaiki postur: desain sebuah ransel yang ergonomis akan membantu memperbaiki postur tubuh dengan lembut memaksa otot-otot punggung, leher dan bahu secara selaras, meminimalisir kelelahan otot: postur tubuh yang buruk akan mengakibatkan ketegangan pada otot yang menyebabkan kelelahan dan otot-otot yang lelah tidak akan berfungsi secara efektif, meminimalisir terjadinya potensi cidera: ransel yang ergonomis mendistribusikan beban yang anda bawa merata di seluruh bagian belakang dan menggunakan otot terkuat untuk membawa beban, hal ini  membantu mencegah cidera otot dari beban yang tidak seimbang, membantu kerja punggung:  ransel yang ergonomis memberikan dukungan tambahan untuk punggung dan tulang belakang dengan desain yang membantu mencegah tertariknya dan menegangnya bagian atas dan bawah punggung dari isi tas yang berat.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya kelelahan dan cidera akibat penggunakan tas ransel yang tidak  benar dengan memperhatikan cara penggunaan tas ransel:
* secara ideal bagian tepi atas ransel harus sejajar lurus dengan bahu bagian atas
* tas ransel seharusnya tidak secara signifikan lebih rendah dari bahu
* pastikan bahwa bagian tali ransel memiliki lebar yang cukup dan dapat diatur panjangnya
* bentuk bagian belakang tas ransel sesuai dengan bentuk tulang punggung agar distribusi beban dapat merata
* bagian tepi bawah tas harus berada diatas tulang ekor pengguna agar beban dapat ditopang dengan baik.

Reference : Jacobs, K. (2002). Are Backpacks Making Our Children Beasts of Burden? Paper presented at the International Occupational Ergonomics and Safety Conference, Toronto.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to ERGONOMICS BACKPACK FOR KIDS

  1. Astrid Pratiwi says:

    Terima kasih atas informasi yang diberikan. Artikel diatas sangat menarik. Mengenai tas ransel untuk anak-anak saat ini menurut saya masih belum banyak yang mengusung prinsip ergonomis. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran para orang tua dan juga para pelaku bisnis tas terhadap bahaya menggendong tas sekolah dengan berat. Padahal usia anak masih sangat kecil. Indonesia merupakan negara dimana sekolah selalu meminta para murid untuk selalu membawa buku ke sekolah setiap hari (dalam jumlah yang cukup banyak). Saran saya mungkin penyimpanan buku disekolah perlu diterapkan, seperti diloker masing-masing siswa. Hal ini bisa meminimalisir efek buruk dari penggunaan tas yang terlalu berat. Namun akhir-akhir ini saya lihat banyak juga siswa SD yang membawa tas sejenis koper ke sekolah. Hal tersebut cukup membantu kesehatan anak. Namun jumlahnya masih sedikit. Oleh karena itu masalah seperti ini perlu penyuluhan lebih sering lagi ke banyak pihak, terutama orang tua anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s