Kebakaran Pabrik Pupuk di Texas : Sebuah Investigasi umum

West Feritilizer Company adalah perusahaan pupuk kimia yang mensuplai pupuk ke petani Amerika, perusahaan ini didirikan pada tahun 1962 dengan pemiliknya yakni Adair Graain. Perusahaan ini terakhir kali diinspeksi oleh OSHA pada tahun 1985. Pada waktu itu, berdasarkan rekaman yang dimiliki press, OSHA mengatakan bahwa fasiitas yang dimiliki oleh perusahaan tidaklah layak untuk menampung ammonia kering. OSHA juga menyimpulkan bahwa perusahaan juga melanggar ketentuan umum dalam perlindungan udara/pernafasan, tapi tidak terkena denda.

3.2

Lokasi West Fertilizer Company

Perusahaan pupuk ini juga punya banyak masalah, terlebih masalah mengenai keselamatan dan kesehatan lingkungan sekitar. Selain memuat bahan berbahaya, pabrik pupuk di West juga ternyata punya catatan pelanggaran keamanan di masa lalu. Salah satunya adalah tahun 2001 saat Badan Keamanan Jalur Pipa dan Materi Berbahaya menemukan pelanggaran penanganan transportasi bahan kimia. Pabrik ini didenda hingga senilai Rp100 juta. Pada tahun 2006, juga terjadi keluhan mengenai aroma amonia yang keluar dari tangki fasilitas, Texas Commission On Environmental Quality menginvetigasi dan menyatakan bahwa fasilitas pabrik tidak memiliki ijin tangki penyimpanan yang menampung ammonia kering.

Berdasarkan data yang dimiliki EPA pada tahun 2012, perusahaan pupuk ini menyatakan bahwa mereka mempunyai 540.000 pound (240 ton) ammonium nitrat dan 110.000 pound (50 ton) ammoniak kering. Karena menyepelekan hal ini, perusahaan memberi data tambahan pada EPA pada bagan laporan rencana keadaan darurat bahwa perusahaan pupuk ini tidak memiliki resiko tinggi baik resiko kebakaran ataupun resiko ledakan yang dapat terjadi di sekitar area fasilitas pabrik. Perusahaan ini pula menyalahi aturan dari Department of Homeland Security, di Indonesia setingkat dengan Kementrian Pertahanan Nasional, bahwa perusahaan ini sering tidak memberikan data yang valid mengenai jumlah  ammonia padahal hukum negara federal Texas menyatakan bahwa perusahaan yang memiliki lebih dari 1 ton ammonium nitrat dalam penyimpanan harus selalu aktif melapor kepada pemerintah.

PENYEBAB LEDAKAN

           Penyebab ledakan di pabrik pupuk sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun, menurut sumber yang kami dapatkan dari beberapa website berita di Amerika menyebutkan ada beberapa penyebab terjadinya ledakan. Adapun beberapa penyebab ledakan tersebut adalah sebagai berikut:

Ledakan cairan ammonium nitrate yang disebabkan reaksi kimia yang belum diketahui.

 3.3

Ledakan Di West Fertilizer Company

Namun, dari sumber tersebut juga menyebutkan bahwa polisi sudah pernah memanggil perusahaan tersebut terkait bocornya tangki yang terjadi di tangki ammonium nitrate namun tidak ditindaklanjuti oleh perusahaan. Hal ini bisa disinyalir menjadi penyebab terjadinya kebakaran yang terjadi dikarenakan menurut sumber tersebut disebutkan bahwa terjadinya ledakan adalah akibat campuran reaksi kimia lain yang menyababkan cairan ammonium nitrate tersebut menjadi terkontaminasi dan bereaksi dan menyebabkan ledakan hal tersebut makin diperparah akibat penyemprotan air ke tangki-tangki tersebut yang menyebabkan api. Kondisi tersebut dapat diartikan sebagai suatu human error yang berjenis violation yakni pembiaran terjadinya kondisi yang tidak ideal sehingga menyebabkan suatu error. Jika ditinjau juga dengan konsep reason swiss cheese model yakni ibarat keju yang dijajar-jajar dan terdapat suatu lubang yang yang ditusuk yang menggambarkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi akibat dari adanya lubang dari sitem pertahanan yang terjadi di fase-fase sebelumnya sehingga menyebabkan kecelakaan itu dapat terjadi.

Kelalaian pihak pemerintah dalam urusan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), yakni pihak yang bersangkutan adalah OSHA (Occupational Safety and Health Administration).

3.4

Evakuasi Warga Ledakan Di West Fertilizer Company

OSHA merencanakan kunjungan ke beberapa pabrik pupuk yang ada di Texas, namun yang cukup disayangkan adalah luputnya pabrik tersebut menjadi tempat yang dikunjungi oleh OSHA. Hal ini dapat menjadi penyebab dari insiden karena kurangnya checking  terhadap perusahaan tersebut yang seharusnya dilakukan oleh Pemerintah. Pihak yang seharusnya juga rutin melakukan inspeksi adalah CSB (Chemical Safety Board) yang bertanggung jawab terhadap penyidakan terhadap perusahaan–perusahaan kimia namun dana yang digunakan oleh perusahaan tersebut belum mencukupi untuk menyidak keseluruhan pabrik kimia.

KRONOLOGIS PENYEBAB TERJADINYA LEDAKAN

Ledakan besar yang terjadi di sebuah pabrik pupuk di Kota Texas Barat ini menewaskan sedikitnya dua orang, melukasi lebih dari seratus orang, dan beberapa rumah rata menjadi tanah dan perlu dilakukan evakuasi pada warga yang tinggal di daerah tersebut. Telah dijelaskan diatas beberapa penyebab dari ledakan pabrik pupuk yang terjadi di Texas. Namun, dibalik penyebab yang dipaparkan diatas pasti terdapat runtutan peristiwa yang menyebabkan terjadinya kecelakaan yang menewaskan dan melukai orang tersebut. Berikut ini adalah kronologis penyebab terjadinya kecelakaan di perusahaan yang didirikan pada tahun 1962:

3.5

  • Pukul 19:50-Muncul Ledakan Besar

3.6               Saat Terjadinya Kebakaran Di West Fertilizer Company

Terjadi ledakan yang besar (suaranya nyaris seperti bom nuklir) karena beberapa penyebab yang telah dipaparkan diatas. Ledakan ini secara langsung mengakibatkan 50 sampai 75 rumah mengalami kerusakan. Dimana, kekuatan ledakan yang dihasilkan oleh pabrik pupuk ini adalah sebesar 3,0 Skala Ritcher.

  • Pukul 20:00-Warga Mulai Sadar & Belum Banyak Warga Yang Mengevakuasi Diri3.7

Saat Melakukan Evakuasi Di  Sekitar West Fertilizer Company

      Sebanyak 133 orang dievakuasi dari sebuah panti jompo yang dekat dengan lokasi pabrik pupuk tersebut. Ada tiga petugas pemadam kebakaran yang berusaha untuk menghentikan kebakaran akibat ledakan tersebut, namun malangnya tewas di lokasi kejadian. Dan, berdasarkan data dari Departemen Keselamatan Publik Kota Texas bahwa ada lebih dari 100 warga sekitar yang mengalami luka-luka. Menurut sumber dari Rumah Sakit Hillcrest di Waco terdapat lebih dari 60 pasien yang menderita luka ledakan dan cedera ortopedi.

  • Pukul 22:00-Kebakaran Masih Menyala & Menyebar 3.8Kobaran Api Dari West Fertilizer Company Belum Dapat Dipadamkan

Penyebab kebakaran itu belum diketahui. Sersan Polisi W. Patrick Swanton mengatakan, penyidik akan memeriksa apakah kebakaran ini adalah kriminal atau hasil dari reaksi kimia. Sebelumnya, Wali Kota West Tommy Muska mengatakan, lima atau enam petugas pemadam kebakaran sukarela yang pertama mencapai tempat kejadian itu menghilang. Petugas pemadam kebakaran telah berjuang melawan api serta mengevakuasi warga dan para penghuni panti jompo yang ada di dekat lokasi kejadian. Petugas mengatakan, api yang terus membara di dalam pabrik masih menjadi ancaman–kemungkinan adanya ledakan susulan–dan emisi asap beracun yang berbahaya bagi warga. Namun, Swanton mengatakan, api sisa pembakaran di bawah tangki kimia tambahan telah dikendalikan. Pada pukul 22.00 ET, dua jam setelah ledakan, kebakaran masih menyala dan angina selatan bertiup kencang pada 30mph yang membuat asap menyebar. Banyak warga yang diekuasi oleh petugas dan tidak banyak juga yang sudah menyelamatkan diri sebelum kejadian ini terjadi hanya berdasarkan feelling.

  • Setelah Pukul 22:00-Banyak Warga Yang Telah Dievakuasi Oleh Petugas

 3.9 Warga Dievakuasi

 Warga sedang dievakuasi karena pejabat khawatir bahwa tangki lain di fasilitas bisa meledak. “Apa yang kami dengar adalah bahwa ada satu tangki pupuk yang masih utuh di pabrik, dan ada evakuasi di tempat untuk memastikan semua orang berhasil lolos dari daerah aman dalam kasus ledakan lain,” kata Ben Stratmann, juru bicara Texas negara Senator Brian Birdwell. Setelah itu warga yang masih berada baik dekat maupun berada pada radius beberapa kilometer dari lokasi pabrik langsung dievakuasi oleh petugas setempat untuk meminimalisir penambahan jumlah korban nantinya.

 D.   OPINI

Berdasarkan beberapa penyebab dan kronologis terjadinya ledakan dahsyat di Pabrik Pupuk West Feritliizer Company di Kota Texas membuat beberapa orang yang membaca artikel berita ini memiliki opininya masing-masing mengenai kecelakaan ini. Adapun opini dari kami adalah sebagai berikut:

1.   Perusahaan West Feritilizer merupakan salah satu perusahaan penghasil pupuk terbesar di Texas dan sudah banyak konsumen yang percaya terhadap produk yang dihasilkan, seharusnya perusahaan ini membenahi manajemen yang ada didalamnya, terutama terkait dengan produksinya itu sendiri.

 3.10Dampak Ledakan Di West Fertilizer Company

        Dimana, dalam membuat pupuk ini dibutuhkan ammonium nitrat dan amoniak kering yang merupakan zat-zat yang berbahaya apabila dikonsumsi secara publik. Sehingga, perlu pembenahan terkait tempat penyimpanan zat-zat yang digunakan sebagai bahan baku tersebut untuk mengurangi terjadinya kebocoran yang nantinya dapat menyebabkan kerugian pada lingkungan sekitar.

2.   Perlu ada maintenance berkala, yang dimaksudkan disini adalah bagaimana Perusahaan West Feritiizer ini seharusnya membuat penjadwalan terkait dengan maintenance untuk tangki-tangki penyimpanan zat-zat tersebut serta mesin-mesin yang digunakan untuk proses produksi.

 3.11Proses Maintenance Di Perusahaan

        Awalnya memang dengan adanya maintenance akan menambah biaya, namun dengan seiring dengan berjalannya waktu keberadaan dari maintenance ini tidak akan merugikan perusahaan karena apabila perusahaan tetap intense melakukan maintenance, maka perusahaan tetap dapat menjaga kualitas dari bahan-bahan baku dibandingkan jika tidak melakukan maintenance akan menyebabkan kerugian-kerugian dan akan membengkakkan biaya pengeluaran perusahaan.

3.   Tidak boleh menyepelekan peran dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), karena departemen ini merupakan salah satu yang memberikan dampak yang besar bagi keberadaan perusahaan ini.

3.12Pentingnya K3 Di Perusahaan

         Dalam arti bagaimana pekerja-pekerja masih terus bisa bekerja dengan keadaan yang nyaman dan tidak membahayakan mereka. Dan, seharusnya perlu adanya inspeksi rutin terkait dengan kelayakan tangki-tangki dan mesin-mesin agar pekerja dapat selamat saat bekerja, serta perlu adanya training atau pelatihan untuk pekerja-pekerja agar pada saat mengalami situasi yang berbahaya dapat segera melakukan tindakan-tindakan yang nantinya akan membuat pekerja tersebut masih dalam keadaan selamat dan sehat.

REFERENSI

http://dunia.lintas.me/go/beritainfosehat.blogspot.com/video-ledakan-pabrik-pupuk-di-texas-2013-foto-kronologis-penyebab-ledakan-pabrik-pupuk-di-texas-berita-info-sehat
http://www.tempo.co/read/news/2013/04/18/115474313/Ledakan-Pabrik-Pupuk-di-Texas-Tewaskan-15-Orang
http://news.detik.com/read/2013/04/18/161936/2224103/1148/
http://www.lensaindonesia.com/2013/04/22/polisi-temukan-sumber-ledakan-pabrik-pupuk-texas.html

Kontributor:

M. Rahman Arif (2510100005), Edwin Saferian (2510100006), M. Nigel Aldakina (2510100026), Vega Nuansa (2510100059)

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s