Industrial Disaster di Negara dengan Standar Safety yg Tinggi: Belajar dari Ledakan Pabrik Pupuk di Texas :

Overview Ledakan Pabrik Pupuk di Texas

Rabu, 17 April 2013 lalu telah terjadi sebuah ledakan di Pabrik Pupuk di dekat Waco, di negara bagian Texas, Amerika Serikat, pukul 8 malam waktu setempat. Kejadian ini memakan korban jiwa dan lebih dari 100 orang mengalami cedera. Ledakan ini juga menghancurkan sejumlah bangunan, termasuk satu sekolah dan asrama perawat, sedikitnya 50-75 bangunan hancur. Sejumlah petugas pemadam kebakaran, ambulans, dan enam helikopter diarahkan ke lokasi kejadian guna mengatasi situasi.
5.1

Kronologi Ledakan Pabrik Pupuk Texas

Pada tanggal 17 April 2013, pabrik West Fertilizer Company di WestMcLennan Country, dekat Waco, Texas), meledak pada pukul 19:50 CDT (01.00 GMT, Kamis dini hari). Ledakan itu mengirim bola api besar ke langit dan membuat  segumpal asap naik tinggi ke udara. Menurut seorang saksi mata, pabrik ini terbakar, kemudian meledak ketika petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan api. United States Geological Survey mencatat ledakan ini menciptakan gempa berkekuatan 2,1 SR.Dari informasi yang didapat, ada satu tangki pupuk yang masih utuh di pabrik, dan ada evakuasi di tempat untuk memastikan semua orang berhasil lolos dari daerah sekitar  tempat terjadinya ledakan. Dua jam setelah ledakan, kebakaran masih menyala di daerah TKP, dan angin selatan bertiup kencang pada 30 mph yang mengipasi api itu. Kejadian terbakar ini juga merupakan kali kedua pabrik ini meledak setelah sebelumnya pernah terjadi pada 13 Desember 1994, dimana terdapat 4 korban meninggal dan 18 orang luka-luka.

 Penyebab Meledaknya Pabrik Pupuk Texas.

Pabrik pupuk West Fertilizer Company meledak pada tanggal 17 April 2013. Ledakan yang terjadi sampai saat ini belum ditemukan sebabnya. Hal ini sedang menjadi investigasi dari pihak kepolisian penyenai penyebab dari terjadinya ledakan di perusahaan ini. Menurut Jason Shelton, pegawai di Czech Best Western Hotel, awalnya hanya api kecil yang muncul dari pabrik West, namun air yang disemprotkan terkena tank amonia nitrat, dan langsung meledak. Zat yang tersemprot air dan langsung bereaksi adalah 270 ton ammonium nitrate dan 50 ton anhydrous amonia yang tersimpan di dalam pabrik pupuk itu (Los Angeles Time). Pihak berwenang masih memastikan dengan pasti mengenai penyebab dari meledaknya pabrik ini.  Ledakan yang dipicu oleh kebakaran itu juga memuntahkan asap beracun yang berbahaya bagi manusia dan harus segera ditangani.

Selain dari tindakan reaktif penyemprotan air pada tangki yang terbakar berikutnya adalah pelanggaran inspeksi pabrik dari Pemilik West Fertilizer Company. Dari sebuah referensi disebutkan bahwa sebuah pabrik tidak boleh menyimpan Amonia dalam jumlah terlalu banyak, dari Inspeksi yang dilakukan Departemen OSHA (Occupational Safety and Health Administration) jumlah amonia yang dimiliki oleh Pabrik tersebut melebih batas dari sebuah perusahaan dan diminta untuk memindahkan amonia tersebut melalu jalur laut ke pabrik pupuk lain. Karena Pabrik tersebut tidak bisa melakukan pemindahan, maka OSHA memberikan denda sebesar $10.000 pada perusahaan tersebut, namun bahan hazard tetap berada di perusahaan tersebut. Hal ini yang seharusnya tidak terjadi, seharusnya OSHA terus mengupayakan agar kelebihan volume senyawa amonia tersebut dapat berpindah tempat ke pabrik lain.

Selanjutnya, akibat dari denda yang besar tersebut Perusahaan melakukan penghematan dalam kegiatan inspeksi. Dilaporkan bahwa OSHA terakhir kali melakukan full inspection pada tahun 1985 yaitu 10 tahun sebelum kebakaran pertama terjadi, setelah itu pada tahun 2001, OSHA hanya melakukan inspeksi pada kegiatan-kegiatan kritis. Hal ini dikarenakan

– Pabrik West Fertilizer tidak dapat membayar full inspection karena sejak Pemerintahan US dipimpin oleh Obama, ongkos full inspection naik 20%

– Status Pabrik West Fertilizer turun menjadi industri menengah, sehingga dengan status ini, maka mereka dapat bebas dari full inspection.  

 Berdasar dua kondisi diatas memang saling kontradiksi, dimana seharusnya panrik yang mengolah senyawa kimia yang flammable perlu melakukan full inspection namun karena status perusahaan yang bukan industri besar, maka dibebaskan dari full inspection, Sehingga, muncullah kondisi dimana ada kecelakaan sedikit yang diakibatkan beberapa kesalahan human error, regulasi, dan business decision, timbullah ledakan yang berakibat besar bagi perusahaan.

Kerusakan yang Ditimbulkan

Sebuah SMP yang terletak dekat pabrik, West Middle School, dilaporkan terbakar akibat ledakan. Gedung-gedung lain di sekitarnya mengalami kerusakan parah. Ttrmasuk sekolah, kebun, dan kompleks apartement. Sejumlah pasien dievakuasi dari sebuah klinik kesehatan, beberapa di antaranya terluka akibat pecahan kaca terbang. Lebih dari 100 orang yang cedera dan penduduk yang selamat dibawa ke tenda pertolongan pertama di lapangan bola West High School. Kemudian karena tenda-tenda tersebut dirasa terlalu dekat dengan pabrik pupuk yang masih terbakar, dipindahkan ke balai masyarakat di daerah Boston. Hillcrest Baptist Medical Center di Waco merawat 40 korban cedera. Juru bicara Departemen Keamanan Publik Texas D.L. Wilson mengatakan dalam konferensi pers tengah malam bahwa ada banyak sekali korban cedera. Wilson juga tidak membenarkan ataupun menolak laporan awal bahwa jumlah korban tewas mencapai 60 sampai 70 jiwa. Ia mengatakan zona ledakan mirip seperti peristiwa bom Murrah Building di Oklahoma City dan 50 sampai 75 rumah dan toko rusak berat.

Reaksi yang Ditimbulkan

Penduduk yang tinggal di dan sekitar West mengaku bahwa getaran ledakan ini terasa seperti gempa bumi kecil. Suara ledakan terdengar sampai Ennis (40 mil dari West), HillsboroWaxahachieDesoto, dan Arlington, Texas. Banyak kaca jendela pecah di Abbott (7 mil dari West). Selain itu,United States Geological Survey di Amarillo mampu merekam getaran ledakan ini menggunakan seismograf. West Independent School District mengumumkan melalui Twitter bahwa kelima sekolah di distrik tersebut ditutup sampai pemberitahuan selanjutnya. United States Chemical Safety Board, badan federal independen yang menyelidiki bencana kimia industri, telah mengirimkan tim penyidik ke West untuk mencari tahu penyebab bencana ini. Dilaporkan bahwa bekas meledaknya pabrik ini meninggalkan kawah selebar 93 feet dan kedalaman 10 feet, dimana lubang tersebut merupkan lokasi dari tangki yang meledak.

 Opini Kelompok

Dari hasil penyelidikan sementara, opini kami terjadi beberapa kesalahan yang disebabkan oleh faktor manusia dalam kasus Ledakan di Pabrik Pupuk Waco, Texas. Yang pertama adalah kesalahan penurunan status yang mengakibatkan Perusahaan menjadi bebas dari full inspection, seharusnya untuk pabrik yang memiliki hazard tinggi, full inspection harus tetap dilaksanakan.

Yang kedua adalah kesalahan tidak dipindahkannya amonia. Dari penjelasan penyebab terjadinya ledakan adalah gagalnya perusahaan tersebut untuk memidahkan amonia dalam jumlah banyak tersebut. Sementara OSHA malah memberikan denda pada perusahaan tersebut, sehingga menurut pandangan kelompok kami hal tersebut tidak menyelesaikan masalah melainkan menimbulkan masalah baru, yaitu uang yang harus dibayarkan pada Pemerintah. Seharusnya, OSHA melakukan monitoring dan controlling agar bahan hazard berupa amonia tersebut segera dipindahkan.

Yang ketiga adalah jenis error mistake yang dilakukan oleh karyawan, dimana karyawan tidak melakukan action dengan solusi yang seharusnya. Karyawan seharusnya diberi pengetahuan bahan apa saja yang flammable, toxic dan sifat kimia lainnya termasuk senyawa kimia yang tidak boleh bereaksi dengan air. Sehingga, dengan disiram air, tidak menyelesaikan masalah, malah semakin memperparah kondisi terbakar dari tangki dan akhirnya membuat sebuah ledakan.

Referensi :

http://dunia.news.viva.co.id/news/read/407690-ledakan-pabrik-pupuk-texas-ciptakan-kawah-selebar-30-meter
http://www.beritasatu.com/dunia/108701-ledakan-dahsyat-terjadi-di-pabrik-pupuk-texas.html
http://www.salon.com/2013/04/28/where_were_the_regulators_before_the_texas_fertilizer_plant_explosion_partner/
http://www.huffingtonpost.com/2013/04/20/texas-plant-explosion-workplace_n_3122643.html
http://www.guardian.co.uk/commentisfree/2013/apr/22/texas-explosion-workplace-safety-cuts

Kontribusi:
Rahaditya Dimas P (2510100061), Nur Azizah (2510100068), Anggraeni W (2510100079), M. Arif Shubhan A.H (2510100145).

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Human Reliability and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s