Pentingnya Identifikasi Error (Studi Kasus: Kapal Oil Tanker)

Ditulis oleh Retno Widyaningrum (2512204901)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri – ITS

8Seringkali beberapa kesalahan yang dilakukan oleh manusia dalam menjalankan suatu sistem gagal diidentifikasi penyebab utamanya.  Jika kesalahan tersebut tidak diidentifikasi permasalahannya maka kegagalan yang dilakukan oleh seorang operator akan selalu terjadi sehingga mampu menyebabkan rendahnya human reliability operator dan kerugian financial perusahaan.  Sehingga identifikasi error yang dilakukan oleh seorang operator dalam mengoperasikan mesin atau sistem sangat penting untuk dilakukan sehingga dapat diminimalisir tingkat error-nya dan kerugian financialnya.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Marcelo Ramos Martins dan  Marcos Coelho Maturana dengan judul Application of Bayesian Belief networks to the human reliability analysis of an oil tanker operation focusing on collision accidents mencoba melakukan identifikasi error pada pengoperasian oil tanker. Identifikasi error yang dilakukan adalah dengan memperhatikan tiga aspek penting yaitu kesalahan dalam menjalankan perintah, kapal menjauh dari rute yang direncanakan, dan kapal menjauhi rute perjalanan yang aman.

Kesalahan-kesalahan tersebut diidentifikasi secara detail sehingga dapat meminimalisir kesalahan saat dioperasikan. Kesalahan mengenai menjalankan perintah disebabkan karena penyampaian informasi yang salah yang menyebabkan perintah yang disampaikan salah atau tidak sesuai. Hal tersebut menyebabkan perintah dilakukan dengan kurang tepat sehingga dapat terjadi kegagalan dalam menjalankan perintah sehingga dapat berakibat fatal dalam menjalankan suatu sistem.

Pada kesalahan kapal menjauhi rute yang direncanakan dan rute perjalanan yang aman disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kesalahan dalam visual deteksi pada control panel kapal sehingga hal tersebut dapat memacu kegagalan dalam melakukan monitoring secara visual sehingga informasi yang diterima kurang akurat dan menyebabkan perencanaan perjalanan yang dibuat tidak sesuai sehingga terjadi kesalahan dalam pemilihan rute perjalanan kapal dengan memilih rute yang tidak aman yang mampu menyebabkan guncangan pada kapal sehingga membahayakan minyak yang diangkut di dalamnya.

Pentingnya identifikasi error adalah menggambarkan alur berfikir seseorang dalam melakukan suatu identifikasi terhadap suatu penyebab kegagalan. Jika hal tersebut diimplementasikan maka akan dapat menebabkan berkurangnya kesalahan dalam pengoperasian suatu mesin atau sistem sehingga pekerja dapat bekerja secara optimal dan produktifitas perusahaan juga akan meningkat.

Reference :

Martin, Marcelo Ramos. Maturana, Marcos Coelho. 2013. Application of Bayesian Belief networks to the human reliability analysis of an oil tanker operation focusing on collision accidents. Vol. 110. Page 89-109.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pentingnya Identifikasi Error (Studi Kasus: Kapal Oil Tanker)

  1. dinantiantie ntt says:

    terimakasih atas info nya. saya juga menyetujui jika kesalahan seperti yg sudah disebutkan diatas mampu merugikan perusahaan dalam bentuk finansial dan dan juga menunjukkan tingkat keandalan manusianya yg rendah.n

  2. Indra Taqy says:

    Pada artikel pentingnya identifikasi error dengan studi kasus pada kapal oil tanker oleh mbak Retno Widyaningrum, telah dideskripsikan tentang dampak positif yang dapat timbul jika dilakukan identifikasi error untuk mencegah kecelakaan kerja pada tiga kemungkinan terbesar error pada operasional kapal oil tanker. Akan tetapi pada artikel ini lebih baik jika ditambahkan perhitungan kuantitatif terhadap probabilitas human error yang ada pada operasional kapal oil tanker selama ini. Jika terdapat data kuantitatif yang kredibel, pembaca artikel ini akan dapat memiliki gambaran tentang kondisi eksisting dari probabilitas human error pada operasional kapal oil tanker dan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi probabilitas human error tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s