Apakah Kelelahan Itu?

Ditulis oleh Noris Dian Kusuma P (2512204001)_Mahasiswa Pascasarjarna Teknik Industri – ITS

4Seiring dengan perkembangan jaman di era teknologi ini manusia di tuntut untuk bekerja lebih ekstra,khususnya para pekerja perusahaan yang di tuntut untuk bekerja ekstra yang berdampak pada kelelahan yang dideritanya. Kelelahan merupakan suatu kondisi yang menggambarkan bahwa seseorang itu lelah dan bosan. Kelelahan di derita secara personal oleh masing – masing individu yang di pengaruhi oleh lingkungan. Menurut Oxford Dictionary State, kelelahan yang di derita oleh seseorang dapat berupa kelelahan fisik dan kelelahan mental. Menurut Grandjean’s kelelahan tidak hanya berasal dari aktivitas yang panjang, tetapi kelelahan juga bisa disebabkan oleh faktor psikologi, socioekonomi dan lingkungan yang mempengaruhi pikiran dan badan seseorang. Grandjean’s juga menyebutkan bahwa kelelahan juga di sebabkan oleh pekerjaan yang bersifat monoton, kebisingan, intensitas dan lamanya pekerjaan, faktor – faktor fisik dan kesakitan yang di deritanya dimana dapat di sembuhkan atau diselesaikan dengan melakukan istirahat yang cukup.

Kelelahan yang di derita oleh seseorang dapat mempengaruhi tingkat kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Bahkan kelelahan yang di derita oleh seseorang dapat mengakibatkan terjadinya resiko – resiko kecelakaan kerja. Banyak kasus kecelakaan kerja yang terjadi yang di sebabkan oleh kelelahan yang diderita oleh para pekerjanya. Kelelahan merupakan faktor pendukung atau penambah terjadinya kecelakaan kerja. Sebagai contohnya adalah kecelakaan kerja yang terjadi di USA yaitu terjadi di Three Mile Island pada tanggal 28 Maret 1979 pukul 04.00 dimana pendingin reactor nuklir bocor dan operator gagal untuk menutup valve. Kesalahan sebenarnya ada pada sistem mekanis tetapi di perparah oleh operator yang gagal menghentikan kejadian tersebut. Setelah di telusuri ternyata operator merasa kelelahan sehingga tidak bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kejadian serupa juga terjadi di Davis –Basse USA pada tanggal 9 Juni 1985 pukul 01.30 kejadian terjadi di perusahaan pembangkit tenaga nuklir,dimana terjadi kebocoran pendingin dan secara otomatis mesin mati dan air pendingin keluar. Kecelakaann ini di perparah dengan tindakan operator yang salah dalam menekan tombol sehingga mengakibatkan sistem aliran air mati. Kejadian ini di ketahui oleh operator pada shift selanjutnya. Ini adalah contoh – contoh kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelelahan manusia. Oleh karena itu seharusnya kelelahan kerja juga di perhatikan oleh pihak manajemen perusahaan, sehingga dapat membuat jadwal kerja sehingga bisa lebih baik lagi.

Reference :

1. Barrtley D.Fatigue and inadequacy. Physiology Reviews 1957;37(3):301

2. Grandjean E. Fatigue:its physiological and psychological significance.Ergonomics 1968;11(5):427-      436

3. Oxford dictionary (7th ed.) Hinsdale,IL: Penguin Press;2010

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Apakah Kelelahan Itu?

  1. Nadya says:

    Kelelahan yang dirasakan oleh manusia tidak bisa disepelekan terutama di aktivitas kerja. Sangat penting untuk mengantisipasi error yang disebabkan oleh kelelahan. Sehingga sistem atau jadwal dari waktu kerja yang dilakukan harus dibuat sebaik mungkin. Menurut Health and Safety Executive, kecelakaan kerja yang terjadi dapat diminimalisir dengan memperhitungkan sejumlah faktor risiko utama dalam desain jadwal shift. Informasi yang dibutuhkan dalam desain jadwal shift adalah beban kerja, aktivitas kerja, waktu shift dan durasi, arah rotasi dan jumlah dan panjang istirahat selama dan antara shift. Aspek lain yang tidak kalah penting adalah lingkungan kerja seperti lingkungan fisik, isu-isu manajemen dan kesejahteraan karyawan juga dapat berkontribusi terhadap risiko yang terkait dengan jadwal kerja shift.

    Referensi : Health and Safety Executive (n.d.) Human Factor : Fatigue. Available at : http://www.hse.gov.uk/humanfactors/topics/fatigue.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s