Perkembangan Layar Sentuh pada Komputer

Ditulis oleh Noris Dian Kusuma P (2512204001)_Mahasiswa Pascasarjarna Teknik Industri – ITS

Picture9

Banyak produk-produk yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Pada awalnya teknologi layar sentuh digunakan pada industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi ,sensitifitas dan durabilitas yang sangat tinggi. Tapi dengan perkembangan zaman maka layar sentuh mulai di produksi secara masal untuk konsumennya, yaitu dengan di terapkannya teknologi layar sentuh pada produk-produk seperti pada komputer jinjing,pemutar musik dan handphone. Perkembangan ini disebabkan karena teknologi layar sentuh bisa digunakan untuk berbagai macam ukuran layar. Penggunaan layar sentuh merupakan pengganti dari fungsi penggunaan mouse pada komputer. Penggunaan mouse pada saat ini dirasa kurang praktis karena saat ini sudah banyak orang yang bergantung pada penggunaan komputer jinjing. Baik hanya untuk mengakses internet atau untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Pada tahun 2010, Srinivasan dkk melakukan penelitian tentang pengaruh dari penggunaan sistem cursor yang di operasikan pada komputer dengan penggunaan mouse, layar sentuh dengan single finger dan multiple fingers. Teknologi single finger merupakan teknologi layar sentuh yang hanya menggunakan satu jari saja. Sedangkan teknologi multiple fingers itu merupakan teknologi yang dikembangkan dari sistem teknologi layar sentuh single finger.

Pada sistem teknologi multiple fingers ini pengguna dapat menggunakan tidak hanya satu jari saja,tapi bisa dengan menggunakan lebih dari satu jari. Pengguanaan jenis single finger dapat menyebabkan satu jari saja yang dominan sedangkan dengan menggunakan multiple fingers hal ini bisa di redam karena tidak hanya satu jari yang terlibat jadi kelelahan pada jari tidak terjadi. Pada penggunaan multiple fingers ini tampilan yang di perlihatkan juga lebih bagus dibandingkan dengan yang single finger. Pada multiple finger ini gambar dalam bentuk 3D dan dapat di putar-putar. Hal ini sangat berguna pada saat kita melakukan aplikasi-aplikasi engineer yang kadang memerlukan gambar 3D yang bisa di putar-putar.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwa penggunaan teknologi multiple fingers memiliki angka kesalahan yang paling banyak di bandingkan dengan yang menggunakan mouse dan single finger. Tetapi pada teknologi multiple finger ini kecepatan kerjanya lebih tinggi di banding dengan yang mouse dan single finger. Untuk tingginya tingkat kesalahan pada teknologi multiplr fingers ini dapat dikurangi dengan melakukan pengembangan teknologi yang lebih baik lagi. Dan sebaiknya hal tersebut segera di kembangkan karena sangat bermanfaat bagi konsumen,karena bisa memudahkan pengoperasian dan mengurangi kelelahan pada jari tangan.

Referance :

Srinivasan R., Yingzi L., Ibrahim Zeid., Sagar Kamarthi . (2013). Finger-based multitouch interface for performing 3D CAD operations. Journal Human Computer Studies. 71. 261 -275.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s