Desain Ergonomis Dashboard Mobil untuk Keselamatan Penumpang

Ditulis oleh Nurul Hudaningsih (2512204003)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri – ITS

Picture10

Setiap manusia memerlukan jaminan keselamatan untuk  dirinya sendiri maupun untuk orang-orang yang ia sayangi. Jaminan keselamatan ini diharapkan hadir disetiap saat, baik saat sendiri maupun saat bersama, saat di dalam rumah maupun dalam keramaian, saat berjalan kaki atau bahkan saat dalam kendaraan. Untuk jaminan keselamatan ini, berbagai cara dilakukan dan cukup mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Dalam mengemudikan kendaraan, perhatian dan kefokusan pengemudi merupakan faktor yang sangat penting. Berdasarkan penelitian Klauer pada tahun 2006 menyatakan bahwa 78% dari kecelakaan mobil disebabkan oleh kurangnya perhatian pengemudi. Dari hasil penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa kurangnya perhatian pengemudi disebabkan oleh penggunaan fungsi sekunder yang terdapat dalam mobil. Penggunaan fungsi sekunder mobil misalnya pada penggunaan perangkat komunikasi dan entertainment selama mengemudi.

Untuk memberikan sebuah solusi dalam permasalahan tersebut diperlukan intervensi Ergonomi untuk mengurangi resiko bahaya dalam mengemudi yang sekaligus menggunakan fungsi sekunder mobil. Robert Brostrom dkk (2011) melakukan sebuah penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan korelasi antara safety assessment dengan proses desain display mobil. Penelitian ini juga ditujukan untuk membuktikan keselarasan antara hasil penelitian yang bersifat objektif dengan hasil keterlibatan user yang bersifat subjektif. Pemilihan display mobil yang direkomendasikan didasarkan atas parameter efektif, efisiensi dan kepuasan user. Pengukuran efektivitas dihubungkan dengan keakuratan user menggunakan perangkat. Pengukuran efisiensi dihubungkan dengan usaha yang dikeluarkan oleh user. Sedangkan pengukuran kepuasan diukur dengan perilaku user terhadap alternatif produk, misalnya melalui jumlah komplain terhadap produk. Dari semua pengukuran, didapatkan hasil bahwa display model CC (Close Control) lebih direkomendasikan daripada RC (Remote Control). Dalam penelitian tersebut didapatkan sebuah hasil bahwa adanya hubungan yang kuat antara tingkat kepuasan yang dirasakan oleh user dengan tingkat effisiensi dan usability (kemudahan dalam penggunaan). Dalam penelitian tersebut juga memberikan desain display mobil yang direkomendasikan (Gambar diatas). Hal ini didasarkan pada parameter-parameter yang telah dipaparkan yang meliputi parameter efektif, efisiensi dan kepuasan pelanggan.

Referensi :

Broström, Robert  et al. 2011.’ Correlation Between Safety Assessments In The Driverecar Interaction Design Process’Applied Ergonomics Journal No.42

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Desain Ergonomis Dashboard Mobil untuk Keselamatan Penumpang

  1. 2510100029-Fauzia Nuraini says:

    Bahasan untuk artikel diatas cukup menarik karena hal yang dipaparkan membahas mengenai hal kecil yang sangat sering ditemukan dan dilihat oleh setiap manusia, khususnya bagi manusia yang memiliki dan melakukan aktivitas sehari-harinya dengan menggunakan tranportasi darat sebagai alat untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya yaitu mobil pribadi. Walaupun sayangnya penjelasan yang diberikan pada artikel diatas mengenai pengaplikasian ergonominya kurang diberikan penjelasan, hanya sekedar memberikan gambaran secara umum. Dalam artikel diatas menjelaskan bahwa tidak dipungkuri setiap manusia yang ingin berpergian selalu menginginkan keselamatan dalam perjalanannya walaupun harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membeli mobil pribadinya dengan desain yang memuaskan. Salah satu bagian desain di dalam mobil yang ditonljolkan pada artikel ini tepatnya adalah pada display mobil yang sering menjadi fokusan bagi pengemudi mobil saat sedang membawa mobil. Dijelaskan juga diatas bahwa display mobil merupakan salah satu bagian yang dapat mengganggu perhatian pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan. Adapun prosentase kecelakaan akan terjadi lumayan besar yaitu sebanyak 78%. Oleh karena itu diperlukannya pengaplikasian ergonomi pada setiap industri mobil untuk membuat desain mobil khususnya untuk display mobil yang baik dengan memiliki dasar parameter pembuatannya yaitu efektif, efisien, dan memuaskan bagi penggunanya. Dengan begitu akan dapat mengurangi prosentase kecelakaan dan menghindari kecelakaan yang ditimbulkan oleh ketidak fokusan pengemudi dalam mengemudikan mobil yang dapat merugikan bagi pengemudinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s