Enricos, Mempermudah Video Conference

Ditulis oleh Brav Deva Bernadhi (2511204203)_Mahasiswa Pascasarjarna Teknik Industri – ITS

images

Berkomunikasi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan manusia. Di jaman sekarang, komunikasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja karena telah ada teknologi informasi dan internet yang biasa lebih dikenal dengan sebutan video conference. Beberapa software yang biasa digunakan yaitu skype, ekiga, polycom dan beberapa software yang lain. Di saat melakukan video conference, terkadang terdapat komunikasi yang tidak tersampaikan ke teman video conference kita.

Dari permasalahan tersebut, (Swen Walkowski 2011) mengadakan penelitian untuk mengatasi hal tersebut. Di dalam berkomunikasi, gerakan menunjuk terkadang digunakan untuk menjelaskan maksud dari komunikasi itu sendiri. Menunjuk seseorang dan suatu benda adalah hal yang sering dilakukan dalam berkomunikasi. Saat melakukan video conference, kita terkadang sulit melakukan gerakan menunjuk tersebut. Penelitian yang dilakukan (Swen Walkowski 2011) yaitu membangun suatu sistem dengan menggabungkan wii remote untuk membantu kelancaran dan kenyamanan dalam melakukan video conference.

Picture6

Gambar 1. Wii Remote

Enricos (Enriched Communication System) adalah suatu sistem yang dibangun oleh (Swen Walkowski 2011) untuk membantu kelancaran, keefisienan dan kenyamanan dalam berkomnunikasi pada video conference. Lebih khususnya, enricos membantu gerakan menunjuk seseorang dan suatu benda. Jika ingin menunjuk seseorang, kursor akan berubah menjadi gelembung atau lingkaran dan latar belakang akan berubah sesuai dengan keinginan user. Lain halnya jika ingin menunjuk suatu benda, kursor akan menjadi anak panah dan setiap anak panah mempunyai warna yang berbeda tergantung dari wii remote yang digunakan. Cara kerja enricos yaitu sistem tersebut mendampingi sistem video conference (dapat dilihat pada gambar di bawah ini).

Picture7

   Gambar 2. Enricos dan Software Ekiga 

Picture8

Gambar 3. Enricos dan Software Polycom

Dengan menggunakan enricos, suatu komunikasi yang terkadang tidak tersampaikan di dalam video conference pada akhirnya dapat tersampaikan. Enricos merupakan solusi yang sesuia digunakan untuk membantu kelancaran pada saat melakukan video conference dan solusi tersebut belum ditemukan pada video conference terdahulu.

Referensi :

Swen Walkowski, R. D., Mirja Lievonen, Duska Rosenberg (2011). “Using a game controller for relaying deictic gestures in computer-mediated communication.” Human-Computer Studies 69: 362-374.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s