Pentingkah Mengukur Kualitas Interaksi Manusia-Mesin ?

Ditulis oleh Wisda Mulyasari (2511204201)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik industri – ITS

Picture2Pernahkah anda mengalami kelelahan pada lengan dikarenakan desain peralatan kurang sesuai dengan ukuran tangan anda dan hal tersebut mempengaruhi kinerja anda?

Jika anda pernah merasakan hal tersebut berarti memang benar bahwa desain suatu peralatan/ mesin yang  berhubungan dengan manusia memiliki hubungan yang sangat penting terhadap kinerja sistem manusia-mesin. Sebuah kajian literatur yang komprehensif  yang dilakukan oleh Nolimo pada tahun 1996 telah membuktikan hal tersebut. Nomino mengemukakan bahwa desain mesin pada truk gudang (forklift) sangat mempengaruhi banyaknya usaha yang dibutuhkan oleh manusia (driver) dalam menggunakan mesin dan juga mempengaruhi risiko/ efek samping yang mungkin terjadi pada pada driver.

Seiring dengan berjalannya waktu, penelitian lain menyebutkan bahwa fitur ergonomis dalam truk dapat meningkatkan produktivitas dan hal tersebut kembali menginspirasi Nolimo pada tahun 2002 untuk melakukan penelitian ergonomis dengan mengusulkan kerangka penelitian untuk mengukur kualitas interaksi, mengembangkan dan menerapkan metodologi untuk analisis interaksi dalam sistem  manusia – mesin.

Tidakkah timbul pertanyaan dalam benak kita, bagaimana mengukur kualitas interaksi manusia-mesin tersebut dan seberapa pentingkah ?

Menurut ISO 9241 ada tiga indikator untuk mengukur kualitas interaksi yaitu  efektifitas, efisiensi dan kepuasan. Nolimo melakukan serangkaian penelitian di di tiga tempat berbeda. Penelitian A dimulai tahun 1997 pada perusahaan distribusi minuman ringan di Swedia. Terhitung 17 driver yang terlibat dengan pengalaman berkendara rata-rata 4,5 tahun. Studi B dan C dimulai tahun 1998 dilakukan pada sebuah gudang makanan grosir. Sebelas driver terlibat dalam studi B, dan 1 driver dalam penelitian C dengan pengalaman berkendara  rata-rata 9,5 tahun. Hal-hal yang diukur meliputi kinerja, dampak fisik, dampak mental, keselamatan dan pengalaman subjektif.

Bagi beberapa perusahaan efektifitas dan efesiensi waktu merupakan hal yang sangat berharga. Nolimo mengukur efektifitas dan efesiensi dengan menggunakan 3 forklift yang memiliki disain dan kecepatan yang berbeda. Hasil analisa statistik One Way ANOVA menunjukkan fitur ergonomis secara signifikan mempengaruhi kinerja. Dari hasil wawancara driver, kerugian waktu terjadi dikarenakan lingkungan kerja yang buruk seperti lantai basah dan perencanaan yang buruk sehingga menghasilkan peristiwa yang tidak direncanakan seperti terjadinya kelebihan berat kargo, kinerja yang lambat,  forklift yang terlalu besar, forklift yang aus, atau driver yang terlalu sedikit.

Hal yang bisa kita ketahui dari penelitian Nolimo ini adalah informasi yang berharga bagi desain dan konstruksi seperti bagian-bagian yang perlu diubah pada forklift dalam rangka meningkatkan kinerja seperti ruang driver, gates, platform, steering arm,buttons and controls serta display. Selain itu,  penelitian Nolimo juga menunjukkan bahwa pengemudi gudang truk pada umumnya terkena penyakit dan kecelakaan yang terkait pekerjaan. Dari hasil wawancara dan kuesioner Musculoskeletal Nordic yang dilakukan diketahui bahwa ketidaknyamanan dan gejala musculoskeletal  yang paling banyak terjadi pada driver adalah bagian leher dan bahu dimana 90.6 % disebabkan oleh ketegangan fisik dan 8% karena faktor fisik seperti kebisingan, getaran dan suhu.

Dapat disimpulkan bahwa mengukur interaksi kualitas manusia-mesin sangatlah penting. Dari hasil pengukuran dapat diketahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi kinerja dan hal-hal apa yang perlu dperbaiki untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

So, bagaimana menurut anda, apakah mengukur kualitas interaksi manusia-mesin itu penting ?

Referensi :

K. Nolimo Solman. 2002. Analysis of interaction quality in human–machine systems: applications for forklifts. Journal Applied Ergonomics 33 (2002) 155–166.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s