Penerapan Simulator Mengemudi untuk Pengembangan Human-Machine Interface

Ditulis oleh Handy Febri Satoto (2512204002)_Mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri – ITS

simulatorKita sering mendengar kata-kata simulator mengemudi, tujuan utama dari simulator mengemudi adalah untuk mempelajari perilaku mengemudi baik itu mengemudi roda 2 maupun roda 4. Hal ini mencakup interaksi pengemudi dengan kendaraan simulasi (kemudi, pengereman, dll), interaksi sopir dengan sistem di kendaraan, atau interaksi antara sistem pengemudi kendaraan dengan jalan dan lingkungan lalu lintas. Simulator mengemudi juga bermanfaat bagi produsen mobil di seluruh dunia, mendukung R & D dan untuk studi evaluasi HMI.

Pengembangan HMI pada saat ini meliputi hal-hal seperti kegunaan, kenyamanan pengemudi, dan tingkat yang dapat diterima permintaan attentional dalam kondisi tugas ganda (mengemudi sambil intepretasi dari HMI). Persyaratan dari sebuah simulator mengemudi antara lain fitur simulator dan komponennya. Di sebuah alat simulator mengemudi terdapat komponen antara lain: cab, kontrol sistem perasa, generator citra visual, kontrol waktu nyata, sistem gerak, dan akuisisi data.

Weir, D.H. (2010) menunjukkan secara umum, penelitian simulator mengemudi dapat membantu menjembatani kesenjangan dalam pembangunan antara simulasi dan analisis laboratorium dan membuktikan ground test dengan sistem prototipe aktual. Keuntungan dari sebuah simulator mengemudi dalam mendukung R & D dan evaluasi HMI yang dapat diringkas sebagai berikut, yaitu menyediakan untuk:

  • Rentang evaluasi konfigurasi kendaraan atau perangkat
  • Kontrol kondisi evaluasi
  • Pengulangan kondisi untuk setiap pengemudi
  • Kemudahan mengubah tugas mengemudi di dalam kendaraan atau parameter perangkat
  • Kemudahan respon pengemudi atau kendaraan dan pengukuran kinerja
  • Pendirian hardware-in-the-loop-(misalnya perangkat prototipe) sebagai alternatif untuk simulasi perangkat
  • Eksperimental efisiensi dan kemudahan mencapai percobaan evaluasi
  • Minimal risiko untuk driver dan staf proyek

Reference:

Weir.D.H. 2010. Application of a driving simulator to the development of  in-vehicle human–machine-interfaces. IATSS Research, 34 (2010) 16–21.

About apligo

Kumpulan referensi Aplikasi Ergonomi
This entry was posted in Artikel Ergonomi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s